Courser in English | Seminar on Thesis Proposal |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan;2. Presentasi draft proposal tesis; dan3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikanMahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; Ketrampilan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah.
ReferencesAnonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan pendekatan penelitian; teknik penyusunan proposal sesuai dengan gaya selingkung PPs UPGRIS; presentasi proposal di kelas untuk mendapatkan masukan dari audiens, dan revisi proposal untuk diajukan pada pembimbing dan diseminarkan pada forum seminar proposal secara resmi.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu mengidentifikasi masalah, dan memilih pendekatan penelitian.
- Mampu menyusun proposal.
- Mampu mempresentasikan proposal.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan penelitian dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
D. Keterampilan Khusus
- Menyusun proposal penelitian untuk tesis.
- Melakukan seminar proposal penelitian tesis.
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
- Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
- Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
- Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
- Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
- Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
- Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
- Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan pendekatan penelitian; teknik penyusunan proposal sesuai dengan gaya selingkung PPs UPGRIS; presentasi proposal di kelas untuk mendapatkan masukan dari audiens, dan revisi proposal untuk diajukan pada pembimbing dan diseminarkan pada forum seminar proposal secara resmi.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu mengidentifikasi masalah, dan memilih pendekatan penelitian.
- Mampu menyusun proposal.
- Mampu mempresentasikan proposal.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan penelitian dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
D. Keterampilan Khusus
- Menyusun proposal penelitian untuk tesis.
- Melakukan seminar proposal penelitian tesis.
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
- Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
- Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
- Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
- Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
- Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
- Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
- Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...
Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan pendekatan penelitian; teknik penyusunan proposal sesuai dengan gaya selingkung PPs UPGRIS; presentasi proposal di kelas untuk mendapatkan masukan dari audiens, dan revisi proposal untuk diajukan pada pembimbing dan diseminarkan pada forum seminar proposal secara resmi.
Learning OutcomesA. Sikap dan Tata Nilai
- Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
- Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
- Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
- Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Keterampilan Umum
- Mampu mengidentifikasi masalah, dan memilih pendekatan penelitian.
- Mampu menyusun proposal.
- Mampu mempresentasikan proposal.
C. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan penelitian dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
D. Keterampilan Khusus
- Menyusun proposal penelitian untuk tesis.
- Melakukan seminar proposal penelitian tesis.
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
- Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
- Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
- Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
- Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
- Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
- Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
- Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Details ...