Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

Khaelan MS, 2008, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta

Misnal Munir, dkk, 2014, Buku Ajar Pendidikan Pancasila, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Jakarta

TIM Dosen Pancasila Undip Semarang, 2001, Pancasila di Era Reformasi, badan Penerbit Undip Semarang

UUD NRI 1945

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM

Dll.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

Khaelan MS, 2008, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta

Misnal Munir, dkk, 2014, Buku Ajar Pendidikan Pancasila, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Jakarta

TIM Dosen Pancasila Undip Semarang, 2001, Pancasila di Era Reformasi, badan Penerbit Undip Semarang

UUD NRI 1945

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM

Dll.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan materi tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sbagai etika politk, Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa Indonesia, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan Indonesia, dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:

1. menjelaskan landan dan tujuan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi.

2. Melakuka telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkart dengan ideologi-ideologi besar dunia lainnya, sebagai sistem filsafa, Pancasila seagai etika politik, Pancasila dalam konteks ketatnegaran Republik Indonesia,

3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan,kemasyrakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta

Kaelan, 2002, Filsafat PancasilaPandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta

Budiarjo, Meriam, 1981, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakara.

 


Details ...