Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE IN LOWER-LEVEL EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
4. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
4. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
4. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
4. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
4. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, perancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning OutcomesKeterampilan khusus: 3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Pengetahuan : 3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)
3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)
3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)
Sikap : a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogjakarta. Ombak Dua.
Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Modul bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2014. panitia sertifikasi PLPG UPGRIS rayon 139
Tim Penyusun . 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, perancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning OutcomesKeterampilan khusus: 3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Pengetahuan : 3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)
3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)
3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)
Sikap : a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogjakarta. Ombak Dua.
Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Modul bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2014. panitia sertifikasi PLPG UPGRIS rayon 139
Tim Penyusun . 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, perancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning OutcomesKeterampilan khusus: 3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Pengetahuan : 3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)
3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)
3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)
Sikap : a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogjakarta. Ombak Dua.
Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Modul bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2014. panitia sertifikasi PLPG UPGRIS rayon 139
Tim Penyusun . 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, perancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning OutcomesKeterampilan khusus: 3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Pengetahuan : 3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)
3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)
3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)
Sikap : a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogjakarta. Ombak Dua.
Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Modul bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2014. panitia sertifikasi PLPG UPGRIS rayon 139
Tim Penyusun . 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, perancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning OutcomesKeterampilan khusus: 3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Pengetahuan : 3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)
3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)
3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)
Sikap : a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogjakarta. Ombak Dua.
Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Modul bahan ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2014. panitia sertifikasi PLPG UPGRIS rayon 139
Tim Penyusun . 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas
Details ...