Courser in English | Literature Theory |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah teori sastra mendesripsikan tentang ciri-ciri, kaidah, rumpun, ruang lingkup, resepsi, genre dan ekranisasi sastra
Learning OutcomesSikap
1.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang
Keterampilan Umum
2.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan
4.
ReferencesAminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ahmad, Mokhtar. 1988. Teori Kesusastraan modern. Kuala Lumpur: Kementrian Pendidikan Malaysia
Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca sastra. Magelang: Indonesia Tera
Forster, E.M. 1979. Aspek-Aspek Novel. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.
Oemarjati, Boen Sri. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Djakarta: Gunung Agung
Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugihastuti dan Rudi Ekasiswanto. 1999. Teori Prosa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (diterjemahkan oleh Sugihastuti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press
_______________. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah teori sastra mendesripsikan tentang ciri-ciri, kaidah, rumpun, ruang lingkup, resepsi, genre dan ekranisasi sastra
Learning OutcomesSikap
1.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang
Keterampilan Umum
2.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan
4.
ReferencesAminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ahmad, Mokhtar. 1988. Teori Kesusastraan modern. Kuala Lumpur: Kementrian Pendidikan Malaysia
Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca sastra. Magelang: Indonesia Tera
Forster, E.M. 1979. Aspek-Aspek Novel. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.
Oemarjati, Boen Sri. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Djakarta: Gunung Agung
Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugihastuti dan Rudi Ekasiswanto. 1999. Teori Prosa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (diterjemahkan oleh Sugihastuti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press
_______________. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
Details ...