Teori Sastra, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLiterature Theory
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah teori sastra mendesripsikan tentang ciri-ciri, kaidah, rumpun, ruang lingkup, resepsi, genre dan ekranisasi sastra

Learning Outcomes

Sikap

1.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang

Keterampilan Umum

2.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Keterampilan Khusus

 

Penguasaan Pengetahuan

4.

References

Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

 

Ahmad, Mokhtar. 1988. Teori Kesusastraan modern. Kuala Lumpur: Kementrian Pendidikan Malaysia

Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca sastra. Magelang: Indonesia Tera

Forster, E.M. 1979. Aspek-Aspek Novel. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Oemarjati, Boen Sri. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Djakarta: Gunung Agung

Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugihastuti dan Rudi Ekasiswanto. 1999. Teori Prosa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (diterjemahkan oleh Sugihastuti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press

_______________. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah teori sastra mendesripsikan tentang ciri-ciri, kaidah, rumpun, ruang lingkup, resepsi, genre dan ekranisasi sastra

Learning Outcomes

Sikap

1.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang

Keterampilan Umum

2.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Keterampilan Khusus

 

Penguasaan Pengetahuan

4.

References

Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

 

Ahmad, Mokhtar. 1988. Teori Kesusastraan modern. Kuala Lumpur: Kementrian Pendidikan Malaysia

Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca sastra. Magelang: Indonesia Tera

Forster, E.M. 1979. Aspek-Aspek Novel. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Oemarjati, Boen Sri. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Djakarta: Gunung Agung

Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugihastuti dan Rudi Ekasiswanto. 1999. Teori Prosa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (diterjemahkan oleh Sugihastuti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press

_______________. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga


Details ...