Microteaching, Curriculum : 2021


Courser in EnglishMicroteaching
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Microteaching merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan  Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...