Pragmatik Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN PRAGMATICS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Pragmatik dan penerapannya

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki kemahoiran berkomunikasi dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembicara

References

I Dewa Putu Wijana, 2013. Bunga Rampai Persoalan linguistik: Sisiolinguistik dan pragmatik. Surakarta: 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terhadap Pragmatik dan penerapannya

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki kemahoiran berkomunikasi dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembicara

References

I Dewa Putu Wijana, 2013. Bunga Rampai Persoalan linguistik: Sisiolinguistik dan pragmatik. Surakarta: 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan latihan pragmatic.  Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic, pembelajaran  dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa latihan hasil  analisis pragmatik mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.

Learning Outcomes

CPMK1: Pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).

CPMK2: Pengetahuan dan Pemahaman mengenai ejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran ilmu bahasa (KU1).

CPMK3: Pemahaman Teori Pragmatik: 1. Ruang Lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1). 

CPMK4: Pengenalan dan Pemahaman Sumber Data dan Data Pragmatis (S11, P3).

CPMK5: Latihan Analisis Pragmatik (S9, S11,K2)

References

 

Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.

Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.

Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..

Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.

Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.

Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.

Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana  Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.

…….  2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.

…….. 2014. Bunga Rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.

Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.

Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.

Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan latihan pragmatic.  Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic, pembelajaran  dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa latihan hasil  analisis pragmatik mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.

Learning Outcomes

CPMK1: Pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).

CPMK2: Pengetahuan dan Pemahaman mengenai ejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran ilmu bahasa (KU1).

CPMK3: Pemahaman Teori Pragmatik: 1. Ruang Lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1). 

CPMK4: Pengenalan dan Pemahaman Sumber Data dan Data Pragmatis (S11, P3).

CPMK5: Latihan Analisis Pragmatik (S9, S11,K2)

References

 

Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.

Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.

Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..

Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.

Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.

Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.

Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana  Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.

…….  2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.

…….. 2014. Bunga Rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.

Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.

Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.

Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan latihan pragmatic.  Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic, pembelajaran  dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa latihan hasil  analisis pragmatik mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.

Learning Outcomes

CPMK1: Pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).

CPMK2: Pengetahuan dan Pemahaman mengenai ejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran ilmu bahasa (KU1).

CPMK3: Pemahaman Teori Pragmatik: 1. Ruang Lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1). 

CPMK4: Pengenalan dan Pemahaman Sumber Data dan Data Pragmatis (S11, P3).

CPMK5: Latihan Analisis Pragmatik (S9, S11,K2)

References

 

Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.

Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.

Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..

Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.

Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.

Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.

Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana  Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.

…….  2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.

…….. 2014. Bunga Rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.

Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.

Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.

Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan latihan pragmatic.  Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic, pembelajaran  dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa latihan hasil  analisis pragmatik mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.

Learning Outcomes

CPMK1: Pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).

CPMK2: Pengetahuan dan Pemahaman mengenai ejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran ilmu bahasa (KU1).

CPMK3: Pemahaman Teori Pragmatik: 1. Ruang Lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1). 

CPMK4: Pengenalan dan Pemahaman Sumber Data dan Data Pragmatis (S11, P3).

CPMK5: Latihan Analisis Pragmatik (S9, S11,K2)

References

 

Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.

Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.

Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..

Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.

Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.

Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.

Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana  Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.

…….  2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.

…….. 2014. Bunga Rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.

Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.

Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.

Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : pengertian dan kedudukan pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK dan PS), serta praanggapan.

Learning Outcomes

1. Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan memahami dan menguasai pengertian pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya memepelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, ruamg lingkup pragmati yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan dan praanggapan.

2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pragmatik,

3. Mahasiswa mampu melakukan latihan praktik berbahasa,

4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan manfaat mepelajari pragmatik.

References

Djatmiko,  2016,  Mengenal Pragmatik, Yuuk!? . Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.

Halliday , M.A.K., Roquaiya Hasan,  1985.  Language Contex and Text:  Aspects of Language in a Soscial-Semiotic Perspective.   Victoria: Deakin Universty.

Hasan Lubis, A. Hamid.  2015. Analisis Wacana Pragmatik.  Bandung: Angkasa.

Suyanto, Edy.  2016.  Bahasa Cermin Berpikir dan Bernalar.   Yogyakarta:  Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu.  2009.  Analisis Wacana Pragmatik.  Surakarta:  Yuma Pustaka.

Yule, George.  1996. Pragmatics. Oxford  Universty Press.


Details ...
Course Descriptions

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : pengertian dan kedudukan pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK dan PS), serta praanggapan.

Learning Outcomes

1. Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan memahami dan menguasai pengertian pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya memepelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, ruamg lingkup pragmati yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan dan praanggapan.

2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pragmatik,

3. Mahasiswa mampu melakukan latihan praktik berbahasa,

4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan manfaat mepelajari pragmatik.

References

Djatmiko,  2016,  Mengenal Pragmatik, Yuuk!? . Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.

Halliday , M.A.K., Roquaiya Hasan,  1985.  Language Contex and Text:  Aspects of Language in a Soscial-Semiotic Perspective.   Victoria: Deakin Universty.

Hasan Lubis, A. Hamid.  2015. Analisis Wacana Pragmatik.  Bandung: Angkasa.

Suyanto, Edy.  2016.  Bahasa Cermin Berpikir dan Bernalar.   Yogyakarta:  Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu.  2009.  Analisis Wacana Pragmatik.  Surakarta:  Yuma Pustaka.

Yule, George.  1996. Pragmatics. Oxford  Universty Press.


Details ...
Course Descriptions

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : pengertian dan kedudukan pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK dan PS), serta praanggapan.

Learning Outcomes

1. Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan memahami dan menguasai pengertian pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya memepelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, ruamg lingkup pragmati yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan dan praanggapan.

2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pragmatik,

3. Mahasiswa mampu melakukan latihan praktik berbahasa,

4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan manfaat mepelajari pragmatik.

References

Djatmiko,  2016,  Mengenal Pragmatik, Yuuk!? . Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.

Halliday , M.A.K., Roquaiya Hasan,  1985.  Language Contex and Text:  Aspects of Language in a Soscial-Semiotic Perspective.   Victoria: Deakin Universty.

Hasan Lubis, A. Hamid.  2015. Analisis Wacana Pragmatik.  Bandung: Angkasa.

Suyanto, Edy.  2016.  Bahasa Cermin Berpikir dan Bernalar.   Yogyakarta:  Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu.  2009.  Analisis Wacana Pragmatik.  Surakarta:  Yuma Pustaka.

Yule, George.  1996. Pragmatics. Oxford  Universty Press.


Details ...
Course Descriptions

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : pengertian dan kedudukan pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK dan PS), serta praanggapan.

Learning Outcomes

1. Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan memahami dan menguasai pengertian pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya memepelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, ruamg lingkup pragmati yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan dan praanggapan.

2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pragmatik,

3. Mahasiswa mampu melakukan latihan praktik berbahasa,

4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan manfaat mepelajari pragmatik.

References

Djatmiko,  2016,  Mengenal Pragmatik, Yuuk!? . Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.

Halliday , M.A.K., Roquaiya Hasan,  1985.  Language Contex and Text:  Aspects of Language in a Soscial-Semiotic Perspective.   Victoria: Deakin Universty.

Hasan Lubis, A. Hamid.  2015. Analisis Wacana Pragmatik.  Bandung: Angkasa.

Suyanto, Edy.  2016.  Bahasa Cermin Berpikir dan Bernalar.   Yogyakarta:  Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu.  2009.  Analisis Wacana Pragmatik.  Surakarta:  Yuma Pustaka.

Yule, George.  1996. Pragmatics. Oxford  Universty Press.


Details ...
Course Descriptions

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : pengertian dan kedudukan pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK dan PS), serta praanggapan.

Learning Outcomes

1. Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan memahami dan menguasai pengertian pragmatik, sejarah dan latar belakang perlunya memepelajari pragmatik, perbedaan analisis linguistik struktural dengan analisis pragmatik, situasi tutur dan konteks, ruamg lingkup pragmati yang meliputi: dieksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan dan praanggapan.

2. Mahasiswa mampu melakukan analisis pragmatik,

3. Mahasiswa mampu melakukan latihan praktik berbahasa,

4. Mahasiswa mampu menarik kesimpulan manfaat mepelajari pragmatik.

References

Djatmiko,  2016,  Mengenal Pragmatik, Yuuk!? . Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.

Halliday , M.A.K., Roquaiya Hasan,  1985.  Language Contex and Text:  Aspects of Language in a Soscial-Semiotic Perspective.   Victoria: Deakin Universty.

Hasan Lubis, A. Hamid.  2015. Analisis Wacana Pragmatik.  Bandung: Angkasa.

Suyanto, Edy.  2016.  Bahasa Cermin Berpikir dan Bernalar.   Yogyakarta:  Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu.  2009.  Analisis Wacana Pragmatik.  Surakarta:  Yuma Pustaka.

Yule, George.  1996. Pragmatics. Oxford  Universty Press.


Details ...
Course Descriptions

Setelah   perkuliahan berakhir diharapkan mahasiswa  memahami dan menguasai   pengertian     dan kedudukan pragmatik;   sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik;   analisis linguistik struktural dan analisis  pragmatik;   situasi tutur dan konteks;   Ruang lingkup pragmatik yang meliputi:   dieksis,   tindak tutur,   implikatur,   prinsip percakapan,   prinsip kerjasama (PK), prinsip   kesantunan   (PS),   Praanggapan. 

Learning Outcomes

Di akhir perkuliahan diharapkan   mahasiswa   memahami dan menguasahi   pengertian dan kedudukan   pragmatik;  sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari pragmatik;   perbedaan analisis linguistik struktural, dan analisis pragmatik;   situasi tutur dan   konteks;   serta ruang lingkup pragmatik yang meliputi:   dieksis, tindak tutur, implikatur,   prinsip percakapan  :   PK dan PS, serta   praanggapan,

Mahasiswa mampu melakukan   analisis pragmatik   sebagai   latihan penelitian   praktik  berbahasa,

Mahasiswa mampu menarik   kesimpulan   manfaat mempelajari pragmatik   bagi kehidupan.

References

Pragmatik,    I Dewa Putu Wijana.,   2004

Pragmatik,   Rustono,   2005.

Analisis Pragmatik,   I Dewa  Putu Wijana dan  Moh. Rochmadi,   2011

Ada Apa dengan Pragmatik,   Djatmiko,   2014

Rangkuman Bahan Perkuliahan Pragmatik (ppt),   Siswanto dan HR. Utami.


Details ...