Courser in English | EDUCATIONAL PROFESSION ETIQUE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 32 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesBuku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesBuku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesBuku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesBuku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesBuku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik tentang baik-buruknya tindakan mendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional.
Mata kuliah ini menggunakan dua buku wajib, yaitu: (1) Etika Profesi Kependidikan untuk tengah semester pertama, demi internalisasi nilai-nilai karakter individual sebagai pendidik yang beretika kependidikan; dan (2) Etika Pancasila: Nilai-milai Pembentuk Karakter, untuk tengah semester kedua, demi internalisasi nilai-nilai karakter kolektif, sebagai warga negara Pancasilai. Melalui pembentukan karakter individual dan kolektif tersebut akan terbentuk pendidik profesional etis berkarakter sebagai agen moral pembentuk karakter peserta didik.
Learning Outcomes
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Utama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||
Kohlberg, Lawrence. 1985. “Moral Stages and Morallization: The Cognitive-development Approarch”. Thomas Lichona (Ed.). Moral Develompment and behavior: Theory, Reserach, and Social Issues. New York: Holt, Rinehart and Winston. Nucci, Larry P. – Narvaez, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan oleh F. Sinaradi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Yaqin, M. Ainul. 2005.Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media. |
Details ...