Konsep Dasar BK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC CONCEPTS OF GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling

     b. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling

     b. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling

     b. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling

     b. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda
  4. Juntika Nurihsan. (2007), Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama: Bandung, 2007
  5. Agus Sukirno. (2015). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Serang: A-4.
  6. Anas Salahudin. (2010) Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia: Bandung,.
  7. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi: Yogyakarta, 2010
  8. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda
  4. Juntika Nurihsan. (2007), Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama: Bandung, 2007
  5. Agus Sukirno. (2015). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Serang: A-4.
  6. Anas Salahudin. (2010) Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia: Bandung,.
  7. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi: Yogyakarta, 2010
  8. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda
  4. Juntika Nurihsan. (2007), Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama: Bandung, 2007
  5. Agus Sukirno. (2015). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Serang: A-4.
  6. Anas Salahudin. (2010) Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia: Bandung,.
  7. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi: Yogyakarta, 2010
  8. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda
  4. Juntika Nurihsan. (2007), Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama: Bandung, 2007
  5. Agus Sukirno. (2015). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Serang: A-4.
  6. Anas Salahudin. (2010) Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia: Bandung,.
  7. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi: Yogyakarta, 2010
  8. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep dasar BK membahas: Arti pentingnya BK, Konsep BK (definisi dan visi misi), Tingkat keprofesionalan dan paradigma BK, Fungsi dan Prinsip-prinsip BK, Asas-Asas BK, Bidang layanan BK, Jenis Layanan BK, Kegiatan Pendukung BK, BK Komprehensif, dan Pelayanan BK di Sekolah dan Luar Sekolah

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  1. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling
  2. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis,jalur, dan jenjang satuan pendidikan
  1. KeterampilanUmum
    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan
  2. Terampil menggunakan teori tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang:UNNES Press.
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
  3. Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  4. ABKIN. 2007. Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta:DEPDIKNAS.
  5. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Nursalim. 2005. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya:Offset MAPAN.
  7. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
  9. Yusuf Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:Rosda
  10. Artikel dari internet yang up to date.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep dasar BK membahas: Arti pentingnya BK, Konsep BK (definisi dan visi misi), Tingkat keprofesionalan dan paradigma BK, Fungsi dan Prinsip-prinsip BK, Asas-Asas BK, Bidang layanan BK, Jenis Layanan BK, Kegiatan Pendukung BK, BK Komprehensif, dan Pelayanan BK di Sekolah dan Luar Sekolah

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  1. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling
  2. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis,jalur, dan jenjang satuan pendidikan
  1. KeterampilanUmum
    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan
  2. Terampil menggunakan teori tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang:UNNES Press.
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
  3. Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  4. ABKIN. 2007. Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta:DEPDIKNAS.
  5. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Nursalim. 2005. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya:Offset MAPAN.
  7. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
  9. Yusuf Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:Rosda
  10. Artikel dari internet yang up to date.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep dasar BK membahas: Arti pentingnya BK, Konsep BK (definisi dan visi misi), Tingkat keprofesionalan dan paradigma BK, Fungsi dan Prinsip-prinsip BK, Asas-Asas BK, Bidang layanan BK, Jenis Layanan BK, Kegiatan Pendukung BK, BK Komprehensif, dan Pelayanan BK di Sekolah dan Luar Sekolah

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  3. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling
  4. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  5. Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis,jalur, dan jenjang satuan pendidikan
  6. KeterampilanUmum
    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus

  1. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan
  2. Terampil menggunakan teori tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang:UNNES Press.
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
  3. Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  4. ABKIN. 2007. Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta:DEPDIKNAS.
  5. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Nursalim. 2005. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya:Offset MAPAN.
  7. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
  9. Yusuf Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:Rosda
  10. Artikel dari internet yang up to date.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep dasar BK membahas: Arti pentingnya BK, Konsep BK (definisi dan visi misi), Tingkat keprofesionalan dan paradigma BK, Fungsi dan Prinsip-prinsip BK, Asas-Asas BK, Bidang layanan BK, Jenis Layanan BK, Kegiatan Pendukung BK, BK Komprehensif, dan Pelayanan BK di Sekolah dan Luar Sekolah

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  3. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling
  4. Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  5. Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis,jalur, dan jenjang satuan pendidikan
  6. KeterampilanUmum
    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus

  1. Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan
  2. Terampil menggunakan teori tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan
  3. Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang:UNNES Press.
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
  3. Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  4. ABKIN. 2007. Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta:DEPDIKNAS.
  5. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Nursalim. 2005. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya:Offset MAPAN.
  7. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.
  9. Yusuf Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:Rosda
  10. Artikel dari internet yang up to date.


Details ...