Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan

Learning Outcomes

Menelaah hakikat perkembangan peserta dididk secara mandiri  dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK2, S9)

Menganalisis hakikat perkembangan berdasarkan konsep teoretis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU1, KK2, S8)

Menginterpretasi hakikat peserta didik  dengan penuh tanggung jawab (P1, KK1, S9)

Mengkaji hakikat perkembangan fisik secara mandiri, bermutu, dan terukur.f (P2, KU1, KK2, S8)

Menginterpretasi hakikat perkembangan kognitif  dengan enginternalisasi  nilai, norma, dan etika akademik(P1, KU2, S8)

Menganalisis  raagam emosi peserta didik secara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK3, S9).

References

  1. John, W. Santrock. 2002.LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup).Jakarta: ERLANGGA.
  2. Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
  3. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya


Details ...