Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan
Learning Outcomes
Menelaah hakikat perkembangan peserta dididk secara mandiri dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK2, S9) |
Menganalisis hakikat perkembangan berdasarkan konsep teoretis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU1, KK2, S8) |
Menginterpretasi hakikat peserta didik dengan penuh tanggung jawab (P1, KK1, S9) |
Mengkaji hakikat perkembangan fisik secara mandiri, bermutu, dan terukur.f (P2, KU1, KK2, S8) |
Menginterpretasi hakikat perkembangan kognitif dengan enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik(P1, KU2, S8) |
Menganalisis raagam emosi peserta didik secara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK3, S9). |
- John, W. Santrock. 2002.LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup).Jakarta: ERLANGGA.
- Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
- Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya
Details ...