Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Landasan Pendidikan ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Pentingnya Landasan Pendidikan, (2) Hakikat Manusia dan Pengembangannya dalam Pendidikan, (3) Pendidikan dan Kebudayaan (Suatu Telaah Peran Pendidikan yang Meng-Indonesia), (4) Landasan Psikologi Pendidikan, (5)Landasan Sosiologi Pendidikan, (6) Landasan Antropologi Pendidikan, (7) Landasan Budaya Pendidikan, (8) Landasan Ekonomi Pendidikan, (9) Landasan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (10) Landasan Psikologi Komunikasi dalam Pelaksanaan Pendidikan, (11) Pendidikan dan Kelas-Kelas Sosial, (12) Rekonstruksi Masyarakat dan Kebudayaan melalui Perubahan Sistem Pengelolaan Pendidikan di Sekolah dan Keluarga, (13) Gerakan Membangun Kualitas Pendidikan. Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang landasan pendidikan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning OutcomesRanah Sikap
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
Ranah Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Ranah Ketrampilan Khusus
Mampu mengidentifikasi pentingnya landasan pendidikan.
Mampu mendeskripsikan hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
Mampu menelaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
Mampu menganalisis landasan psikologi pendidikan.
Mampu menganalisis landasan sosiologi pendidikan.
Mampu menganalisis landasan antropologi pendidikan.
Mampu menganalisis landasan budaya pendidikan.
Mampu menganalisis landasan ekonomi pendidikan.
Mampu menganalisis landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
Mampu menganalisis landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
Mampu menganalisis pendidikan dan kelas-kelas sosial.
Mampu merekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
Mampu menganalisis gerakan membangun kualitas pendidikan.
Ranah Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis tentang pentingnya landasan pendidikan.
Menguasai konsep teoritis hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
Menguasai konsep teoritis tentang telaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi pendidikan.
Menguasai konsep teoritis tentang landasan sosiologi pendidikan
Menguasai pengetahuan tentang landasan antropologi pendidikan.
Menguasai pengetahuan tentang landasan budaya pendidikan.
Menguasai pengetahuan tentang landasan ekonomi pendidikan.
Menguasai pengetahuan tentang landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
Menguasai pengetahuan tentang pendidikan dan kelas-kelas sosial.
Menguasai pengetahuan tentang rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
Menguasai pengetahuan tentang gerakan membangun kualitas pendidikan.
ReferencesAhmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.
Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...