Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS46 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan  mengimplemetasikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

buku ajar "Perkembangan Peserta Didik" tim Pengampu


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan  mengimplemetasikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

buku ajar "Perkembangan Peserta Didik" tim Pengampu


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

CP-MK

 

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

 

References

Utama

 

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

 

Pendukung

 

  1. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  5. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  6. John W Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
  7. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  8. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  9. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  10. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  11. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Diktat Pendidikan Inklusi
  12. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka        Cipta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

CP-MK

 

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

 

References

Utama

 

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

 

Pendukung

 

  1. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  5. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  6. John W Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
  7. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  8. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  9. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  10. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  11. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Diktat Pendidikan Inklusi
  12. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka        Cipta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

CP-MK

 

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

 

References

Utama

 

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

 

Pendukung

 

  1. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  5. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  6. John W Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
  7. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  8. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  9. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  10. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  11. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Diktat Pendidikan Inklusi
  12. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka        Cipta.

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji tentang perkembangan peserta didik yang disajikan secara teori melalui pembelajaran kolaboratif berbasisi IT

Learning Outcomes

 

CPL yang dibebankan pada MK

 

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengambangan atau

implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,

berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi

terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

KK1

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktifitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah serta

sesuai dengan karakteristik siswa pada pembelajaran fisika dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar di lingkungan sekitar dan berbasis

KK4

Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi stimulus, tanya jawab, memberikan

       
 

 

 

 

alternative solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan

P1

Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar,

hakikat sains dan pola pikir ilmiah

CP-MK

M1

Menjelaskan perkembangan peserta didik ditinjau dari fisik, kognitif, kepribadian, sosial, dan moral secara

mandiri dan bertanggung jawab(P1)(KU1)

M2

Mendiskusikan kasus-kasus perkembangan peserta didik di dunia pendidikan secara mandiri dan

bertanggung jawab(S1)(S9)(KU5)(KU7)(KK1)(KK4)

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Hurlock, Elizabeth B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga
  2. Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Parktik Jilid 1. Edisi kesembilan. Jakarta:Indeks.
  3.  
  4. Syamsu, Yusuf L.N. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajagrafindo Persada
  5. Sunarto. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Berbagai artikel dari internet


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang masa pertumbuhan dan perkembangan hingga akhir hayat diantaranya adalah: a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  5. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  6. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  7. Mampu  memahami masa lansia
  8. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  9. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama:

  1. Buku Bahan Ajar PPD oleh tim teaching
  2. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  4. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  5. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  6. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya

Pendukung:

  1. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  5. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  6. John W Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
  7. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  8. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  9. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  10. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  11. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Diktat Pendidikan Inklusi
  12. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka         Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c)
permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa
remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan
inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini
mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

 

References

1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...