Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 46 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan mengimplemetasikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
Referencesbuku ajar "Perkembangan Peserta Didik" tim Pengampu
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan mengimplemetasikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
Referencesbuku ajar "Perkembangan Peserta Didik" tim Pengampu
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes
CP-MK |
|
|
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes
CP-MK |
|
|
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes
CP-MK |
|
|
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Matakuliah ini mengkaji tentang perkembangan peserta didik yang disajikan secara teori melalui pembelajaran kolaboratif berbasisi IT
Learning Outcomes
|
CPL yang dibebankan pada MK |
|
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
||
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengambangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
||
KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||
KK1 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktifitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah serta sesuai dengan karakteristik siswa pada pembelajaran fisika dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar di lingkungan sekitar dan berbasis |
||
KK4 |
Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi stimulus, tanya jawab, memberikan |
||
|
|
alternative solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan |
P1 |
Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah |
|
CP-MK |
||
M1 |
Menjelaskan perkembangan peserta didik ditinjau dari fisik, kognitif, kepribadian, sosial, dan moral secara mandiri dan bertanggung jawab(P1)(KU1) |
|
M2 |
Mendiskusikan kasus-kasus perkembangan peserta didik di dunia pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab(S1)(S9)(KU5)(KU7)(KK1)(KK4) |
|
|
- Hurlock, Elizabeth B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga
- Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Parktik Jilid 1. Edisi kesembilan. Jakarta:Indeks.
- Syamsu, Yusuf L.N. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajagrafindo Persada
- Sunarto. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
- Berbagai artikel dari internet
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang masa pertumbuhan dan perkembangan hingga akhir hayat diantaranya adalah: a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama:
- Buku Bahan Ajar PPD oleh tim teaching
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Pendukung:
- Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
- Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- E.B. Hurlock. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- John W Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Diktat Pendidikan Inklusi
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c)
permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa
remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan
inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang keahliannya, menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan setelah menempuh mata kuliah ini
mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References
1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
3. Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...