Courser in English | PANCASILA EDUCATION |
Program | Hukum |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan
tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila
sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam
Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan
Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat
dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik,
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan,
kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan
sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila.
1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II,
Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan
tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila
sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam
Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan
Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat
dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik,
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan,
kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan
sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila.
1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II,
Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
: Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
||||||||||
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
||||||||||
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
||||||||||
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
||||||||||
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
||||||||||
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
||||||||||
Nurmalina, Kom
ala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
||||||||||
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
||||||||||
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
||||||||||
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...