Courser in English | Educational Innovation of Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi konsep dasar inovasi; mendiskusikan paradigma baru dalam pembelajaran AUD, hal-hal yang dianjurkan dan perlu dihindari sebagai guru PAUD cerdas, mendiskusikan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari dalam pengelolaan pembelajaran dan penilaian AUD, dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP; membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik; model-model pembelajaran AUD; merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak; konsep bermain dalam pembelajaran AUD; merancang kegiatan jenis main: sensori motor, peran dan pembangunan; merancang kegiatan jenis main peran; konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak; merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak; mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas; mendiskusikan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini dan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu
- Menjelaskan konsep dasar inovasi
- Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: guru PAUD cerdas (anjuran dan hal-hal yang perlu dihindari)
- Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: pengelolaan pembelajaran dan penilaian (lakukan dan hindari), dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP.
- Membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik
- Menjelaskan model-model pembelajaran AUD
- Merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak
- Menjelaskan konsep bermain dalam pembelajaran AUD
- Merancang kegiatan jenis main: sensori motor dan pembangunan
- Merancang kegiatan jenis main peran
- Menjelaskan konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak
- Merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak
- Mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas
- Menjelaskan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini
- Merumuskan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak
- Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)
- Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)
- Sujiono, Yuliani N,& Sujiono, Bambang. Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan jamak. Jakarta. Indeks. 2010.
- Modul pembelajaran tematik dinas pendidikan nasional
- Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
- Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT.Grasindo
- Buku-buku cerita anak: ”I Want to do that” dan Saffy’s Big Adventure(Wendy Straw)
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar inovasi; mendiskusikan paradigma baru dalam pembelajaran AUD, hal-hal yang dianjurkan dan perlu dihindari sebagai guru PAUD cerdas, mendiskusikan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari dalam pengelolaan pembelajaran dan penilaian AUD, dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP; membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik; model-model pembelajaran AUD; merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak; konsep bermain dalam pembelajaran AUD; merancang kegiatan jenis main: sensori motor, peran dan pembangunan; merancang kegiatan jenis main peran; konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak; merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak; mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas; mendiskusikan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini dan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu
- Menjelaskan konsep dasar inovasi
- Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: guru PAUD cerdas (anjuran dan hal-hal yang perlu dihindari)
- Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: pengelolaan pembelajaran dan penilaian (lakukan dan hindari), dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP.
- Membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik
- Menjelaskan model-model pembelajaran AUD
- Merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak
- Menjelaskan konsep bermain dalam pembelajaran AUD
- Merancang kegiatan jenis main: sensori motor dan pembangunan
- Merancang kegiatan jenis main peran
- Menjelaskan konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak
- Merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak
- Mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas
- Menjelaskan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini
- Merumuskan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak
- Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)
- Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)
- Sujiono, Yuliani N,& Sujiono, Bambang. Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan jamak. Jakarta. Indeks. 2010.
- Modul pembelajaran tematik dinas pendidikan nasional
- Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
- Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT.Grasindo
- Buku-buku cerita anak: ”I Want to do that” dan Saffy’s Big Adventure(Wendy Straw)
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...