Inovasi Pendidikan AUD, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEducational Innovation of Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar inovasi; mendiskusikan paradigma baru dalam pembelajaran AUD, hal-hal yang dianjurkan dan perlu dihindari sebagai guru PAUD cerdas, mendiskusikan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari dalam pengelolaan pembelajaran dan penilaian AUD, dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP; membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik; model-model pembelajaran AUD; merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak; konsep bermain dalam pembelajaran AUD; merancang kegiatan  jenis main: sensori motor, peran dan pembangunan; merancang kegiatan jenis main peran; konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak; merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak; mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas; mendiskusikan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini dan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu 

  1. Menjelaskan konsep dasar inovasi
  2. Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: guru PAUD cerdas (anjuran dan hal-hal yang perlu dihindari)
  3. Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: pengelolaan pembelajaran dan penilaian (lakukan dan hindari), dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP.
  4. Membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik
  5. Menjelaskan model-model pembelajaran AUD
  6. Merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak
  7. Menjelaskan konsep bermain dalam pembelajaran AUD
  8. Merancang kegiatan  jenis main: sensori motor dan pembangunan
  9. Merancang kegiatan jenis main peran
  10. Menjelaskan konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak
  11. Merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak
  12. Mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas
  13. Menjelaskan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini
  14. Merumuskan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak

References

  1. Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)
  2. Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)
  3. Sujiono, Yuliani N,& Sujiono, Bambang. Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan jamak. Jakarta. Indeks. 2010.
  4. Modul pembelajaran tematik dinas pendidikan nasional
  5. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
  6. Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT.Grasindo
  7. Buku-buku cerita anak: ”I Want to do that” dan Saffy’s Big Adventure(Wendy Straw)
  8. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar inovasi; mendiskusikan paradigma baru dalam pembelajaran AUD, hal-hal yang dianjurkan dan perlu dihindari sebagai guru PAUD cerdas, mendiskusikan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari dalam pengelolaan pembelajaran dan penilaian AUD, dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP; membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik; model-model pembelajaran AUD; merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak; konsep bermain dalam pembelajaran AUD; merancang kegiatan  jenis main: sensori motor, peran dan pembangunan; merancang kegiatan jenis main peran; konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak; merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak; mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas; mendiskusikan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini dan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu 

  1. Menjelaskan konsep dasar inovasi
  2. Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: guru PAUD cerdas (anjuran dan hal-hal yang perlu dihindari)
  3. Menjelaskan paradigma baru dalam pembelajaran AUD: pengelolaan pembelajaran dan penilaian (lakukan dan hindari), dan pengenalan pra-keaksaraan sesuai DAP.
  4. Membandingkan pendidikan AUD berorientasi akademik vs non akademik
  5. Menjelaskan model-model pembelajaran AUD
  6. Merancang pembelajaran tematik yang sesuai untuk anak
  7. Menjelaskan konsep bermain dalam pembelajaran AUD
  8. Merancang kegiatan  jenis main: sensori motor dan pembangunan
  9. Merancang kegiatan jenis main peran
  10. Menjelaskan konsep whole language dalam pembelajaran bahasa anak
  11. Merancang “Big Book” dalam pembelajaran bahasa anak
  12. Mempraktekkan inovasi-inovasi PAUD di kelas
  13. Menjelaskan fungsi-fungsi guru PAUD dalam pembelajaran di kelas anak usia dini
  14. Merumuskan peran guru dalam pengembangan kompetensi anak

References

  1. Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)
  2. Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)
  3. Sujiono, Yuliani N,& Sujiono, Bambang. Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan jamak. Jakarta. Indeks. 2010.
  4. Modul pembelajaran tematik dinas pendidikan nasional
  5. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
  6. Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT.Grasindo
  7. Buku-buku cerita anak: ”I Want to do that” dan Saffy’s Big Adventure(Wendy Straw)
  8. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...