Pembelajaran Terpadu, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINTEGRATED LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pembelajaran terpadu adalah makul pilihan

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran terpadu adalah makul pilihan

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pembelajaran terpadu merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester V program studi SI PGSD dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali penelaahan konsep dasar pembelajaran terpadu, prinsip-prinsip pembelajaran terpadu, serta kekuatan dan kelemahan pembelajaran terpadu sehingga nantinya mahasiswa benar-benar memahami hakikat dari pembelajaran terpadu yang saat ini digunakan dalam kurikulum 2013. Topik bahasan selanjutnya mengenai model-model pembelajaran terpadu yaitu membandingkan dan memilih model pembelajaran terpadu yang tepat digunakan di sekolah dasar. Topik kajian dalam mata kuliah ini selanjutnya tentang pengembangan bahan ajar, media, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Topik kajian terakhir dari mata kuliah ini adalah praktik mengajar sesuai dengan rancangan bahan ajar dan RPP yang telah disusun. Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna maka kuliah pembelajaran terpadu dikemas dalam bentuk discpvery learnimg, analisis pelaksanaan pembelajaran terpadu di lapangan, dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini antara lain makalah/laporan hasil studi lapangan, RPP tematik, produk bahan ajar dan media, serta video praktik mengajar.

Learning Outcomes

Menelaah konsep pembelajaran terpadu sesuai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar dengan memperhatikan etika akademik (P1, KK1, S2)

Menganalisis landasan pembelajaran terpadu berdasarkan prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar dengan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta memperhatikan etika akademik (P1, KU2, S2)

Menentukan model-model pembelajaran terpadu dengan memperhatikan kurikulum dan prinsip-prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara penuh tanggung jawab (P4, KK1, S7)

Mengembangkan RPP, bahan ajar, dan media tematik sesuai prinsip  dan    teori pendidikan serta konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri (P4, KK1, S7)

Mengimplementasikan pembelajaran tematik dengan memperhatikan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar serta menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, S7)

References

  1. Kadir, A. & Asrohah, H. 2014. Pembelajaran Tematik. Depok: Rajagrafindo.
  2. Ahmadi, I.K. & Amri, S. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
  4. Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D.P.K. 2019. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Solo: Media Grafika
  5. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  6. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Permendikbud No. 20,21,22,23 tahun 2016 dan 37 tahun 2018
  10. Buku Guru dan Buku Siswa K13 Edisi Revisi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu khususnya model tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik , kemudian mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

1. Menguasai konsep dasar pembelajaran terpadu khususya model pembelajaran tematik

2. Menerapkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya di kelas tinggi.

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai ketentuan kurikulum 2013.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu khususnya model tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik , kemudian mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

1. Menguasai konsep dasar pembelajaran terpadu khususya model pembelajaran tematik

2. Menerapkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya di kelas tinggi.

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai ketentuan kurikulum 2013.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu khususnya model tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik , kemudian mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

1. Menguasai konsep dasar pembelajaran terpadu khususya model pembelajaran tematik

2. Menerapkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya di kelas tinggi.

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai ketentuan kurikulum 2013.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu khususnya model tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik , kemudian mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

1. Menguasai konsep dasar pembelajaran terpadu khususya model pembelajaran tematik

2. Menerapkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya di kelas tinggi.

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai ketentuan kurikulum 2013.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu khususnya model tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik , kemudian mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

1. Menguasai konsep dasar pembelajaran terpadu khususya model pembelajaran tematik

2. Menerapkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya di kelas tinggi.

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai ketentuan kurikulum 2013.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi

References

 Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Kadir, Abd. 2016. Pembelajaran Tematik. PT Raja grafindo Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi

References

 Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Kadir, Abd. 2016. Pembelajaran Tematik. PT Raja grafindo Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi

References

 Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Kadir, Abd. 2016. Pembelajaran Tematik. PT Raja grafindo Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi

References

 Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Kadir, Abd. 2016. Pembelajaran Tematik. PT Raja grafindo Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
 


Details ...