Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender
Learning OutcomesMenganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik
Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.
Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees
Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara
Details ...