Konsep Dasar IPS, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosiologi, Dan Gender

Learning Outcomes

Menganalisis Hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial, dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mamdiri

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihan dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab 

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai kaidah , tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki dengan menjunjung tinggi etika akademik 

Menelaah Konsep Dasar Sejarah , Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep Dasar Politik dan Pemerintahan, Konsep Dasar Psikologi sosial, Konsep Dasar Gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasilo analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan hidup dengan semangat kemandirian

References

Anderson, Lee.(1979).Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies.

Giddens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik Kritiknya. Cambridge: Polity Prees

Salim, Agus(2002). Perubahan Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktur .Jakarta: Bumi Aksara


Details ...