Metodologi Penelitian Biologi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBIOLOGY RESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, variabel penelitian. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai ragam penelitian dan desain penelitian. Meliputi desain pre, quasi, dan true experiment. Serta desain penelitian faktorial, rancangan acak lengkap, rancangan acak kelompok, dan penelitian pengembangan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

1. Sikap

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik

S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

2. Pengetahuan

P1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengann kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan

P4. Menguasai filisofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan

3. Keterampilan Umum

KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

4. Ranah Keterampilan Khusus

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman

KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK7. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal

KK8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan

KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH :

1. Menganalisis konsep, prinsip, paradigma, dan prosedur dalam metodologi penelitian biologi sesuai dengan etika ilmiah dan pengembangan pribadi yang unggul dan berjati diri (S12, P1)

2. Menganalisis filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal sesuai dengan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S11, P4, KK1)

3. Memiliki kemampuan merancang penelitian biologi dengan cara berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan sikap bertanggung jawab (S9, KU1)

4. Menganalisis data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam rangka penentuan rancangan penelitian yang berwawasan berkelanjutan (P9, KU11)

5. Mengembangkan pendalaman bidang kajian biologi sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman untuk penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi ilmiah (P4, KU5, KK10)

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, variabel penelitian. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai ragam penelitian dan desain penelitian. Meliputi desain pre, quasi, dan true experiment. Serta desain penelitian faktorial, rancangan acak lengkap, rancangan acak kelompok, dan penelitian pengembangan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

1. Sikap

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik

S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

2. Pengetahuan

P1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengann kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan

P4. Menguasai filisofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan

3. Keterampilan Umum

KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

4. Ranah Keterampilan Khusus

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman

KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK7. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal

KK8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan

KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH :

1. Menganalisis konsep, prinsip, paradigma, dan prosedur dalam metodologi penelitian biologi sesuai dengan etika ilmiah dan pengembangan pribadi yang unggul dan berjati diri (S12, P1)

2. Menganalisis filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal sesuai dengan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S11, P4, KK1)

3. Memiliki kemampuan merancang penelitian biologi dengan cara berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan sikap bertanggung jawab (S9, KU1)

4. Menganalisis data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam rangka penentuan rancangan penelitian yang berwawasan berkelanjutan (P9, KU11)

5. Mengembangkan pendalaman bidang kajian biologi sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman untuk penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi ilmiah (P4, KU5, KK10)

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, variabel penelitian. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai ragam penelitian dan desain penelitian. Meliputi desain pre, quasi, dan true experiment. Serta desain penelitian faktorial, rancangan acak lengkap, rancangan acak kelompok, dan penelitian pengembangan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

1. Sikap

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik

S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

2. Pengetahuan

P1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengann kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan

P4. Menguasai filisofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan

3. Keterampilan Umum

KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

4. Ranah Keterampilan Khusus

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman

KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK7. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal

KK8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan

KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH :

1. Menganalisis konsep, prinsip, paradigma, dan prosedur dalam metodologi penelitian biologi sesuai dengan etika ilmiah dan pengembangan pribadi yang unggul dan berjati diri (S12, P1)

2. Menganalisis filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal sesuai dengan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S11, P4, KK1)

3. Memiliki kemampuan merancang penelitian biologi dengan cara berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan sikap bertanggung jawab (S9, KU1)

4. Menganalisis data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam rangka penentuan rancangan penelitian yang berwawasan berkelanjutan (P9, KU11)

5. Mengembangkan pendalaman bidang kajian biologi sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman untuk penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi ilmiah (P4, KU5, KK10)

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, sistematika proposal penelitian biologi, variabel penelitian, teknik sampling, dan teknik pengambilan data. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai design experiment  (pre, quasi, true, dan factorial), rancangan acak lengkap (RAL), rancangan acak kelompok (RAK), research and development design, serta penyusunan proposal penelitian biologi.

Learning Outcomes

Capaian Umum          :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  5. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  7. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

 

Capaian Khusus         :

  1. Mampu menganalisis paradigma penelitian biologi dan aplikasinya
  2. Mampu berpikir ilmiah menggunakan kerangka berpikir ilmiah dengan baik
  3. Mampu menyusun judul dan abstrak penelitian biologi sesuai dengan kajian penelitian
  4. Mampu menuliskan pendahuluan penelitian yang meliputi latar belakang, permasalahan, dan tujuan penelitian
  5. Mempu menelaah pustaka untuk penelitian dan menuliskan sitasi serta daftar pustakanya
  6. Mampu mendeskripsikan mengenai variable penelitian dan teknik pengambilan data
  7. Mampu menyusun metode dan desain penelitian sesuai dengan kajian penelitian
  8. Mampu menyusun proposal penelitian biologi sesuai dengan sistematika yang benar lengkap

References

Fachrul, M.F. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara. Jakarta.

Putro, S.P. 20014. Metode Sampling Penelitian Makrobenthos dan Aplikasinya. Graha Ilmu. Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, sistematika proposal penelitian biologi, variabel penelitian, teknik sampling, dan teknik pengambilan data. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai design experiment  (pre, quasi, true, dan factorial), rancangan acak lengkap (RAL), rancangan acak kelompok (RAK), research and development design, serta penyusunan proposal penelitian biologi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah          :

Capaian Umum         :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  5. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  7. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  8.  
  9. Capaian Khusus        :
  10. Mampu menganalisis paradigma penelitian biologi dan aplikasinya
  11. Mampu berpikir ilmiah menggunakan kerangka berpikir ilmiah dengan baik
  12. Mampu menyusun judul dan abstrak penelitian biologi sesuai dengan kajian penelitian
  13. Mampu menuliskan pendahuluan penelitian yang meliputi latar belakang, permasalahan, dan tujuan penelitian
  14. Mempu menelaah pustaka untuk penelitian dan menuliskan sitasi serta daftar pustakanya
  15. Mampu mendeskripsikan mengenai variable penelitian dan teknik pengambilan data
  16. Mampu menyusun metode dan desain penelitian sesuai dengan kajian penelitian
  17. Mampu menyusun proposal penelitian biologi sesuai dengan sistematika yang benar lengkap

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian biologi yang membahas tentang paradigma penelitian biologi dan aplikasinya, kerangka berpikir ilmiah, variabel penelitian, teknik sampling, dan teknik pengambilan data. Mata kuliah ini juga menelaah mengenai design experiment  (pre, quasi, true, dan factorial), rancangan acak lengkap (RAL), rancangan acak kelompok (RAK), research and development design, serta penyusunan proposal penelitian biologi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang bioteknologi
  2. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah          :

  1. Mampu menganalisis paradigma penelitian biologi dan aplikasinya
  2. Mampu berpikir ilmiah menggunakan kerangka berpikir ilmiah dengan baik
  3. Mampu menganalisis permasalahan, latar belakang, dan tujuan penelitian untuk menentukan desain penelitian yang cocok untuk digunakan
  4. Mampu mendeskripsikan mengenai variable penelitian dan teknik pengambilan data
  5. Mampu menyusun metode dan menentukan desain penelitian sesuai dengan kajian penelitian
  6. Mampu menyusun proposal penelitian biologi sesuai dengan sistematika yang benar lengkap

References

Gomez, K. A. dan A. A. Gomez. 1995. Prosedur Statistik untuk Penelitian. Edisi Kedua. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.


Details ...