Pendidikan anak dalam Keluarga, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 

 

 

Deskripsi Singkat MK

  1. Mata kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
  2. Mata kuliah ini mengkaji (a) Hakikat dan Definisi Keluarga; (b) Fungsi dan Bentuk Keluarga; (c) Struktur Keluarga; (d) Peran dan Tanggung Jawab Keluarga; (e) Pola Asuh Keluarga; (f) Konsep Pengasuhan Positif Untuk Anak; (g) Komunikasi Keluarga; (h) Konsep Permasalahan Keluarga; (i) Konsep Pendidikan Dalam Keluarga; (j) Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini; (k) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini; (l) Teori Perkembangan Anak; (m) Isu Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Pendidikan Anak Dalam Keluarga.

Learning Outcomes

 

 

 

 

 

Sikap (S)

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

 

 

 

 

Pengetahuan (P)

  1. Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
  2. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran anak usia dini;
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan anak usia dini;
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini;
  6. Menguasai wawasan sosio kultural.
  7. Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  8. Memahami kajian bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Khusus, Kurikulum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Neurosains dan Neurolinguistik.
  9. Memahami kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum, perkembangan anak, kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran anak usia dini dan asesmen.
  10. Mampu mengelola penyelenggaraan di lembaga PAUD secara professional.

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar lembaganya; 
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

 

 

 

Ketrampilan Khusus (KK)

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui kegiatan bermain.
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAUD. 
  6. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran anak usia dini.
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman.
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  11. Menerapkan landasan pendidikan anak usia dini.
  12. Menerapkan perawatan dan pengasuhan.
  13. Melakukan komunikasi efektif dengan anak, orang tua, rekan sejawat.
  14. Melakukan asesmen perkembangan AUD.
  15. Mengembangkan kurikulum berbasis bermain.
  16. Mengembangkan media dan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan.
  17. Memiliki kemampuan berolah seni dan berapresiasi seni.
  18. Memiliki kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD.
  19. Melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini.

 

 

References

Utama

        1. Maccoby, E. (1980). Social Development: Psychological Growth and the Parent - Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
        2. Baumrind, D. (1994). The Social Contect of Child Maltreatment. Family Relations. 43(4),360-369. Diunduh www.proquest.umi.com. [26 Juli 2006].

 

        1. Baumrind, D. (1996). The Discipline Controversy Revisited. Family Relations. 45(4), 405-415. Diunduh www.proquest.umi.com. [26 Juli 2006].
        2. Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development. 37(4), 887 - 907.
        3. Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
        4. Santrock, J. W. (2019). A Topical Approach to Life-Span Development: Tenth Edition. New York: McGraw-Hill.
        5. Santrock, J. W. (2010). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Pendukung

  1. Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Papalia, Olds & Feldman. (2009). Human Development: Eleventh Edition. New York: McGraw-Hill.


Details ...
Course Descriptions

 

 

 

Deskripsi Singkat MK

  1. Mata kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
  2. Mata kuliah ini mengkaji (a) Hakikat dan Definisi Keluarga; (b) Fungsi dan Bentuk Keluarga; (c) Struktur Keluarga; (d) Peran dan Tanggung Jawab Keluarga; (e) Pola Asuh Keluarga; (f) Konsep Pengasuhan Positif Untuk Anak; (g) Komunikasi Keluarga; (h) Konsep Permasalahan Keluarga; (i) Konsep Pendidikan Dalam Keluarga; (j) Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini; (k) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini; (l) Teori Perkembangan Anak; (m) Isu Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Pendidikan Anak Dalam Keluarga.

Learning Outcomes

 

 

 

 

 

Sikap (S)

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

 

 

 

 

Pengetahuan (P)

  1. Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
  2. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran anak usia dini;
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan anak usia dini;
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini;
  6. Menguasai wawasan sosio kultural.
  7. Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  8. Memahami kajian bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Khusus, Kurikulum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Neurosains dan Neurolinguistik.
  9. Memahami kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum, perkembangan anak, kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran anak usia dini dan asesmen.
  10. Mampu mengelola penyelenggaraan di lembaga PAUD secara professional.

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar lembaganya; 
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

 

 

 

Ketrampilan Khusus (KK)

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui kegiatan bermain.
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAUD. 
  6. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran anak usia dini.
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman.
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  11. Menerapkan landasan pendidikan anak usia dini.
  12. Menerapkan perawatan dan pengasuhan.
  13. Melakukan komunikasi efektif dengan anak, orang tua, rekan sejawat.
  14. Melakukan asesmen perkembangan AUD.
  15. Mengembangkan kurikulum berbasis bermain.
  16. Mengembangkan media dan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan.
  17. Memiliki kemampuan berolah seni dan berapresiasi seni.
  18. Memiliki kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD.
  19. Melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini.

 

 

References

Utama

        1. Maccoby, E. (1980). Social Development: Psychological Growth and the Parent - Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
        2. Baumrind, D. (1994). The Social Contect of Child Maltreatment. Family Relations. 43(4),360-369. Diunduh www.proquest.umi.com. [26 Juli 2006].

 

        1. Baumrind, D. (1996). The Discipline Controversy Revisited. Family Relations. 45(4), 405-415. Diunduh www.proquest.umi.com. [26 Juli 2006].
        2. Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development. 37(4), 887 - 907.
        3. Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
        4. Santrock, J. W. (2019). A Topical Approach to Life-Span Development: Tenth Edition. New York: McGraw-Hill.
        5. Santrock, J. W. (2010). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Pendukung

  1. Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Papalia, Olds & Feldman. (2009). Human Development: Eleventh Edition. New York: McGraw-Hill.


Details ...