Courser in English | GRAPHIC DESIGN |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam perkuliahan ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Mengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
ReferencesHelfand, J. (2007). http://www.aiga.com.
Details ...
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi. Materi yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: Mengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam perkuliahan ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
ReferencesHelfand, J. (2007). http://www.aiga.com.
Details ...
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Mengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
ReferencesHelfand, J. (2007). http://www.aiga.com.
Details ...
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Mengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
ReferencesHelfand, J. (2007). http://www.aiga.com.
Details ...
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
ReferencesMengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
Details ...
Desain Grafis adalah mata kuliah yang membahas tentang dasar dari desain grafis, diharapkan mampu membawa kreativitas seni yang tinggi.
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki kemampuan melakukan pemrosesan dan manipulasi dasar pada image digital, pada grafis vektor dan raster, serta melakukan manajemen warna dan pencetakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
ReferencesMengidentifikasi Perangkat Lunak, Proses Perancangan Grafis, Faktor-faktor dalam Perancangan, Karakteristik Media, Gestalt, Sign System, Typografi, Prinsip Desain.
Details ...
Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengenal dan mampu mengoperasikan perangkat lunak pengolah grafis
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Design, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Design, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Design.New York : John Wiley & Son
Details ...
Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).Perkuliahan Desain Grafis ini membahas tentang 1) perangkat lunak pengolah grafis Adobe Photoshop CS3, 2) teks effect 3) texture and brush effect, 4) image effect, 5) perangkat lunak pengolah grafis veltor Corel Draw X3, 6) printing (pencetakan).
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengenal dan mampu mengoperasikan perangkat lunak pengolah grafis
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Design, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Design, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Design.New York : John Wiley & Son
Details ...