Metodologi Penelitian, Curriculum : 2010


Courser in EnglishResearch Methodology
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, mix method, dan R&D

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian manajemen pendidikan dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, mix method, dan R&D.

References

a.    Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
b.    Sugiyono. 2013. Manajemen Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
c.    Fraenkel & Wallen, 2004. How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey
d.    Kerlinger, F.N.,2001. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
e.    Hadi, Sutrisno. 2008. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.
f.    Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons.
g.    Moleong, L.J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
h.    Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES.
i.    Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka.
j.    Tyler & Bogdan. 2004. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta dapat mengimplementasikannya pada penelitian ilmiah, alamiah, maupun penelitian dan pengembangan.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta dapat mengimplementasikannya pada penelitian ilmiah, alamiah, maupun penelitian dan pengembangan.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

1. CPMK 1. Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

2. CPMK 2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

3. CPMK 3. Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tesis.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, dan memposisikan ke dalam peta penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional.

 

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
  2. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pasar.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.

 

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan non formal
  2. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan, messo, makro, dan lembaga lainnya.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...