Sejarah Pemikiran Manajemen, Curriculum : 2016


Courser in EnglishHISTORY OF MANAGEMENT THOUGHT
ProgramManajemen
SKS2 SKS
RPS36 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah konsep awal pemikiran manajemen, aliran-aliran pemikiran dalam manajemen, konsep bisnis, praktek manajemen dan etika manajemen.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KHUSUS

1. Mahasiswa mampu memahami sejarah awal pemikiran manajemen.

2. Mahasiswa mampu memahami aliran pemikiran manajemne.

3. Mahasiswa mampu memehami konsep bisnis.

4. Mahasiswa memiliki gambran tentang praktek manajemen.

5. Mahasiswa mampu memahami etika manajemen.

UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Mengetahui prinsip manajemen untuk berperan dalam dunia kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan tentang manajemen secara umum beserta perkembangannya.
  3. Mengikuti perkembangan ipteks.

References

 

1. Fuad Mas'ud. 2008. Menggugat Manajemen Barat. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran Manajemen dalam bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan tentang sejarah konsep-konsep pemikiran awal dalam bidang manajemen, aliran dalam ilmu manajemen, sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen.

Learning Outcomes

Setelah  mengikuti  perkuliahan  ini  diharapkan  mahasiswa  memahami sejarah pemikiran awal mengenai manajemen, berbagai macam aliran dalam ilmu manajemen, pendekatan sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen

References

  1. Fuad Mas’ud. 2008. Menggugat Manajemen ( Barat). Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
  2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan tentang sejarah konsep-konsep pemikiran awal dalam bidang manajemen, aliran dalam ilmu manajemen, sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen.

Learning Outcomes

Setelah  mengikuti  perkuliahan  ini  diharapkan  mahasiswa  memahami sejarah pemikiran awal mengenai manajemen, berbagai macam aliran dalam ilmu manajemen, pendekatan sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen

References

  1. Fuad Mas’ud. 2008. Menggugat Manajemen ( Barat). Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
  2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan tentang sejarah konsep-konsep pemikiran awal dalam bidang manajemen, aliran dalam ilmu manajemen, sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen.

Learning Outcomes

Setelah  mengikuti  perkuliahan  ini  diharapkan  mahasiswa  memahami sejarah pemikiran awal mengenai manajemen, berbagai macam aliran dalam ilmu manajemen, pendekatan sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen

References

  1. Fuad Mas’ud. 2008. Menggugat Manajemen ( Barat). Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
  2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan tentang sejarah konsep-konsep pemikiran awal dalam bidang manajemen, aliran dalam ilmu manajemen, sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen.

Learning Outcomes

Setelah  mengikuti  perkuliahan  ini  diharapkan  mahasiswa  memahami sejarah pemikiran awal mengenai manajemen, berbagai macam aliran dalam ilmu manajemen, pendekatan sistem manajemen, hakekat manusia dan sistem manajemen, konsep bisnis dan etika dalam manajemen bisnis serta dekolonialisasi teori manajemen

References

  1. Fuad Mas’ud. 2008. Menggugat Manajemen ( Barat). Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
  2. Winardi. 2002. Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Bidang Manajemen. Mandar Maju Bandung


Details ...