Courser in English | Educational Foundation |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- b menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3)
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial (C3)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
Bakker S.J., J. W. M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Basis. 2006. Siapa Peduli Filsafat Pendidikan. No. 07-08. Tahun Ke-55, Juli-Agustus 2006.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Drost S.J., J. 1999. Proses Pembeljaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Belajar Membaca, Menulis, Menghitung dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglosia.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengentar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Jemmars.
Widiastono, Tonny D. (Ed.). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- b menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3)
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial (C3)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
Bakker S.J., J. W. M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Basis. 2006. Siapa Peduli Filsafat Pendidikan. No. 07-08. Tahun Ke-55, Juli-Agustus 2006.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Drost S.J., J. 1999. Proses Pembeljaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Belajar Membaca, Menulis, Menghitung dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglosia.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengentar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Jemmars.
Widiastono, Tonny D. (Ed.). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- b menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3)
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial (C3)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
Bakker S.J., J. W. M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Basis. 2006. Siapa Peduli Filsafat Pendidikan. No. 07-08. Tahun Ke-55, Juli-Agustus 2006.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Drost S.J., J. 1999. Proses Pembeljaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Belajar Membaca, Menulis, Menghitung dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglosia.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengentar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Jemmars.
Widiastono, Tonny D. (Ed.). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- b menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3)
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial (C3)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
Bakker S.J., J. W. M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Basis. 2006. Siapa Peduli Filsafat Pendidikan. No. 07-08. Tahun Ke-55, Juli-Agustus 2006.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Drost S.J., J. 1999. Proses Pembeljaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Belajar Membaca, Menulis, Menghitung dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglosia.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengentar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Jemmars.
Widiastono, Tonny D. (Ed.). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter.
Learning OutcomesMampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
ReferencesDrijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...