Startup Business, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramInformatika
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah   ini   membahas bagaimana mencari gagasan, menciptakan dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi. Oleh karena itu dibahas tentang gagasan usaha, memulai usaha baru, rencana bisnis, desain konsep, análisis SWOT, pengambilan resiko, aspek organisasi, aspek produksi, aspek keuangan, aspek pemasaran, packaging, manajemen pembiayaan dan keuangan usaha dan marketing (pemasaran).

Learning Outcomes

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep bisnis, menerapkan dan mengembangkan. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mengarahkan dan mengembangkan para mahasiswa untuk dapat menciptakan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

References

  1. Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1-9. 
  2. Sari, F. D. P., & Sitepu, S. N. B. (2016). Peran Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pada Keberlangsungan Start-Up Bisnis Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(1). 
  3. Yudhanto, Y. (2019). Information Technology Business Start-Up. Elex Media komputindo.
  4. Yanuarti, I., & Dewi, H. (2018). Startup Bisnis Sebagai Alaternatif Investasi. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 81-96. 
  5. Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. Universitas Gadjah Mada-Yogyakarta, Indonesia. 
  6. Laluyan, W. H., & Dewi, L. (2020). EVALUASI KEGAGALAN START UP BISNIS. Media Mahardhika, 18(2), 166-170. 
  7. Suhud, L. U. (2013). Start-Up Bussiness Wizards. Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Ramdhan, H. E. (2016). StartuPreneuer: Menjadi Entrepreneur Startup. Penebar Plus+. 
  9. Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama. 
  10. Wibawa, S. (2013). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis SWOT. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 
  11. Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Agora, 3(1), 8-16. 
  12. Hermawan, A., & Pravitasari, R. J. (2013). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis). Akselerasi. Id, 1-23.  


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah   ini   membahas bagaimana mencari gagasan, menciptakan dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi. Oleh karena itu dibahas tentang gagasan usaha, memulai usaha baru, rencana bisnis, desain konsep, análisis SWOT, pengambilan resiko, aspek organisasi, aspek produksi, aspek keuangan, aspek pemasaran, packaging, manajemen pembiayaan dan keuangan usaha dan marketing (pemasaran).

Learning Outcomes

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep bisnis, menerapkan dan mengembangkan. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mengarahkan dan mengembangkan para mahasiswa untuk dapat menciptakan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

References

  1. Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1-9. 
  2. Sari, F. D. P., & Sitepu, S. N. B. (2016). Peran Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pada Keberlangsungan Start-Up Bisnis Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(1). 
  3. Yudhanto, Y. (2019). Information Technology Business Start-Up. Elex Media komputindo.
  4. Yanuarti, I., & Dewi, H. (2018). Startup Bisnis Sebagai Alaternatif Investasi. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 81-96. 
  5. Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. Universitas Gadjah Mada-Yogyakarta, Indonesia. 
  6. Laluyan, W. H., & Dewi, L. (2020). EVALUASI KEGAGALAN START UP BISNIS. Media Mahardhika, 18(2), 166-170. 
  7. Suhud, L. U. (2013). Start-Up Bussiness Wizards. Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Ramdhan, H. E. (2016). StartuPreneuer: Menjadi Entrepreneur Startup. Penebar Plus+. 
  9. Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama. 
  10. Wibawa, S. (2013). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis SWOT. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 
  11. Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Agora, 3(1), 8-16. 
  12. Hermawan, A., & Pravitasari, R. J. (2013). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis). Akselerasi. Id, 1-23.  


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah   ini   membahas bagaimana mencari gagasan, menciptakan dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi. Oleh karena itu dibahas tentang gagasan usaha, memulai usaha baru, rencana bisnis, desain konsep, análisis SWOT, pengambilan resiko, aspek organisasi, aspek produksi, aspek keuangan, aspek pemasaran, packaging, manajemen pembiayaan dan keuangan usaha dan marketing (pemasaran).

Learning Outcomes

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep bisnis, menerapkan dan mengembangkan. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mengarahkan dan mengembangkan para mahasiswa untuk dapat menciptakan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

References

  1. Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1-9. 
  2. Sari, F. D. P., & Sitepu, S. N. B. (2016). Peran Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pada Keberlangsungan Start-Up Bisnis Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(1). 
  3. Yudhanto, Y. (2019). Information Technology Business Start-Up. Elex Media komputindo.
  4. Yanuarti, I., & Dewi, H. (2018). Startup Bisnis Sebagai Alaternatif Investasi. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 81-96. 
  5. Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. Universitas Gadjah Mada-Yogyakarta, Indonesia. 
  6. Laluyan, W. H., & Dewi, L. (2020). EVALUASI KEGAGALAN START UP BISNIS. Media Mahardhika, 18(2), 166-170. 
  7. Suhud, L. U. (2013). Start-Up Bussiness Wizards. Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Ramdhan, H. E. (2016). StartuPreneuer: Menjadi Entrepreneur Startup. Penebar Plus+. 
  9. Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama. 
  10. Wibawa, S. (2013). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis SWOT. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 
  11. Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Agora, 3(1), 8-16. 
  12. Hermawan, A., & Pravitasari, R. J. (2013). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis). Akselerasi. Id, 1-23.  


Details ...