Courser in English | ENVIRONMENTAL CHEMISTRY |
Program | Pendidikan IPA |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Kimia Lingkungan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang interaksi kimia antara manusia dan lingkungannya. Mahasiswa akan mempelajari dampak polusi, analisis kimia lingkungan, serta strategi pengelolaan dan mitigasi dampak negatif terhadap lingkungan.
Learning OutcomesMemahami prinsip kimia lingkungan, metode analisis, aplikasi dalam mengatasi polusi, strategi pengelolaan dan mitigasi dampak lingkungan, evaluasi risiko dan pengambilan keputusan, komunikasi dan kolaborasi dalam kimia lingkungan.
References-
Details ...
Mata kuliah Kimia Lingkungan ini mempelajari sumber, reaksi, transpor, efek dan nasib (fate) spesies kimia di lingkungan udara, tanah dan air serta efek aktifitas manusia terhadapnya.
Learning Outcomes- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan kimia lingkungan melalui kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman secara sungguh-sungguh (S1, P9, KU2, KK3).
- Mengimplementasikan konsep, prinsip, dan prosedur kimia lingkungan untuk Menganalisis materi melalui bioinformatika berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S1, P9, KU2, KK4).
- Menerapkan teknik dasar kimia lingkungan secara mendalam melalui kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai etika ilmiah (S2, KU2, KK1, KK4).
- Menerapkan pemahaman konsep, prinsip, prosedur dan cara menyelesaikan permasalahan lingkungan secara kimia berwawasan berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab(S2, P9, KU2, KK1, KK4).
- Mengaplikasikan teknologi informasi yang relevan sesuai dengan pemahaman teori, konsep dan prinsip kimia lingkungan untuk mendokumentasikan data secara mandiri dan terukur melalui kerja ilmiah dengan penuh tanggung jawab (S1, P9, KU2, KU1, KK4).
- Mengaplikasikan teknologi informasi yang relevan sesuai dengan pemahaman teori, konsep dan prinsip kimia lingkungan berorientasi ESD melalui kerja ilmiah dengan penuh tanggung jawab (S1, S2, P9, KU2, KU1, KK4).
- Manahan, S. E. 2001. Fundamentals of Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Manahan, S. E. 2000. Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Harrison, R. M. 2007. Principles of Environmental Chemistry, The Royal Society of Chemistry, UK.
- awyer C. N., McCarty P. L. dan Parkin G. F., 2003. Chemistry for Environmental Engineering and Science, Mc Graw-Hill Singapore.
Details ...
Mata kuliah Kimia Lingkungan ini mempelajari sumber, reaksi, transpor, efek dan nasib (fate) spesies kimia di lingkungan udara, tanah dan air serta efek aktifitas manusia terhadapnya.
Learning Outcomes- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan kimia lingkungan melalui kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman secara sungguh-sungguh (S1, P9, KU2, KK3).
- Mengimplementasikan konsep, prinsip, dan prosedur kimia lingkungan untuk Menganalisis materi melalui bioinformatika berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S1, P9, KU2, KK4).
- Menerapkan teknik dasar kimia lingkungan secara mendalam melalui kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai etika ilmiah (S2, KU2, KK1, KK4).
- Menerapkan pemahaman konsep, prinsip, prosedur dan cara menyelesaikan permasalahan lingkungan secara kimia berwawasan berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab(S2, P9, KU2, KK1, KK4).
- Mengaplikasikan teknologi informasi yang relevan sesuai dengan pemahaman teori, konsep dan prinsip kimia lingkungan untuk mendokumentasikan data secara mandiri dan terukur melalui kerja ilmiah dengan penuh tanggung jawab (S1, P9, KU2, KU1, KK4).
- Mengaplikasikan teknologi informasi yang relevan sesuai dengan pemahaman teori, konsep dan prinsip kimia lingkungan berorientasi ESD melalui kerja ilmiah dengan penuh tanggung jawab (S1, S2, P9, KU2, KU1, KK4).
- Manahan, S. E. 2001. Fundamentals of Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Manahan, S. E. 2000. Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Harrison, R. M. 2007. Principles of Environmental Chemistry, The Royal Society of Chemistry, UK.
- awyer C. N., McCarty P. L. dan Parkin G. F., 2003. Chemistry for Environmental Engineering and Science, Mc Graw-Hill Singapore.
Details ...
Mata kuliah Kimia Lingkungan ini mempelajari sumber, reaksi, transpor, efek dan nasib (fate) spesies kimia di lingkungan udara, tanah dan air serta efek aktifitas manusia terhadapnya.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- Pengetahuan
- Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan ekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan rekayasa lingkungan serta sistem pengelolaan lingkungan;
- Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
- Keterampilan Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan lingkungan minimal pada satu aspek berikut:
· proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya (hazardous environment),
· proteksi lingkungan,
· pelestarian lingkungan,
· pemulihan lingkungan;
-
- Mampu menerapkan matematika,statistika, fisika, kimia, biologi, mikrobiologi, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks pada upaya pengelolaan lingkungan meliputi pengelolaan sumberdaya pokok kehidupan (air, udara, tanah)dan sistem pengendalian limbah cair, padat, atau gas;
- Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan;
- Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan yang kompleks;
- Keterampilan Umum:
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
- Mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Sikap,
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
References
- Manahan, S. E. 2001. Fundamentals of Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Manahan, S. E. 2000. Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Harrison, R. M. 2007. Principles of Environmental Chemistry, The Royal Society of Chemistry, UK.
- Sawyer C. N., McCarty P. L. dan Parkin G. F., 2003. Chemistry for Environmental Engineering and Science, Mc Graw-Hill Singapore.
Details ...
Mata kuliah Kimia Lingkungan ini mempelajari sumber, reaksi, transpor, efek dan nasib (fate) spesies kimia di lingkungan udara, tanah dan air serta efek aktifitas manusia terhadapnya.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- Pengetahuan
- Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan ekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan rekayasa lingkungan serta sistem pengelolaan lingkungan;
- Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
- Keterampilan Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan lingkungan minimal pada satu aspek berikut:
· proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya (hazardous environment),
· proteksi lingkungan,
· pelestarian lingkungan,
· pemulihan lingkungan;
-
- Mampu menerapkan matematika,statistika, fisika, kimia, biologi, mikrobiologi, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks pada upaya pengelolaan lingkungan meliputi pengelolaan sumberdaya pokok kehidupan (air, udara, tanah)dan sistem pengendalian limbah cair, padat, atau gas;
- Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan;
- Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan yang kompleks;
- Keterampilan Umum:
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
- Mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Sikap,
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
References
- Manahan, S. E. 2001. Fundamentals of Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Manahan, S. E. 2000. Environmental Chemistry, Boca Raton: CRC Press LLC, USA.
- Harrison, R. M. 2007. Principles of Environmental Chemistry, The Royal Society of Chemistry, UK.
- Sawyer C. N., McCarty P. L. dan Parkin G. F., 2003. Chemistry for Environmental Engineering and Science, Mc Graw-Hill Singapore.
Details ...