Belajar dan Pembelajaran, Curriculum : 2021


Courser in EnglishTeaching And Learning
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Deskripsi singkat MK

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

 

  

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL1 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 

CPL2 (S9)

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 

CPL3 (KU1)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 

CPL4(KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur 

CPL5 (KU8)

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 

CPL6 (KK8)

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran

CPL 7(PP1)

Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik

(S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

CPMK1

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

CPMK3

 

CPMK4

 

References

Pustaka

   

 

  1. Edward Harefa, dkk. 2024. Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Kota Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
  2. Suyatno, dkk. 2023. Teori Belajar & Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
  3. Nurlina Ariani Hrp, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
  4. Gusnarib Wahab dan Rosnawati. 2021. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi singkat MK

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

 

  

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL1 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 

CPL2 (S9)

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 

CPL3 (KU1)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 

CPL4(KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur 

CPL5 (KU8)

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 

CPL6 (KK8)

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran

CPL 7(PP1)

Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik

(S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

CPMK1

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

CPMK3

 

CPMK4

 

References

Pustaka

   

 

  1. Edward Harefa, dkk. 2024. Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Kota Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
  2. Suyatno, dkk. 2023. Teori Belajar & Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
  3. Nurlina Ariani Hrp, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
  4. Gusnarib Wahab dan Rosnawati. 2021. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi singkat MK

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

 

  

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL1 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 

CPL2 (S9)

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 

CPL3 (KU1)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 

CPL4(KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur 

CPL5 (KU8)

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 

CPL6 (KK8)

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran

CPL 7(PP1)

Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik

(S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

CPMK1

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

CPMK3

 

CPMK4

 

References

Pustaka

   

 

  1. Edward Harefa, dkk. 2024. Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran. Kota Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
  2. Suyatno, dkk. 2023. Teori Belajar & Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
  3. Nurlina Ariani Hrp, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
  4. Gusnarib Wahab dan Rosnawati. 2021. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

 

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

 

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris

 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

 

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

 

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

 

 

References

Utama

 

 

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang

Pendukung

 

 

  1. Related and Credible Online Sources


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

 

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

 

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris

 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

 

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

 

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

 

 

References

Utama

 

 

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang

Pendukung

 

 

  1. Related and Credible Online Sources


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. 
  2. Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik.
  3. Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
  5. Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
  6. Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. 

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3. Related and Credible Online Sources 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. 
  2. Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik.
  3. Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
  5. Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
  6. Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. 

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3. Related and Credible Online Sources 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...