Courser in English | Teaching And Learning |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Deskripsi singkat MK |
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Capaian Pembelajaran
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
CPL1 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
CPL2 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
CPL3 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL4(KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|
CPL5 (KU8) |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
CPL6 (KK8) |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran |
|
CPL 7(PP1) |
Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
|
CPMK4 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
|||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. |
||||||
Sub-CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik |
||||||
Sub-CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
||||||
Sub-CPMK6 |
Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. |
||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
√ |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
√ |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
CPMK4 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pustaka |
||
|
|
Details ...
Deskripsi singkat MK |
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Capaian Pembelajaran
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
CPL1 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
CPL2 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
CPL3 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL4(KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|
CPL5 (KU8) |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
CPL6 (KK8) |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran |
|
CPL 7(PP1) |
Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
|
CPMK4 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
|||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. |
||||||
Sub-CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik |
||||||
Sub-CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
||||||
Sub-CPMK6 |
Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. |
||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
√ |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
√ |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
CPMK4 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pustaka |
||
|
|
Details ...
Deskripsi singkat MK |
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalahmasalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Capaian Pembelajaran
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
CPL1 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
CPL2 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
CPL3 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL4(KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|
CPL5 (KU8) |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
CPL6 (KK8) |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran |
|
CPL 7(PP1) |
Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
|
CPMK4 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
|||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. |
||||||
Sub-CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik |
||||||
Sub-CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
||||||
Sub-CPMK6 |
Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. |
||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
√ |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
√ |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
CPMK4 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pustaka |
||
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
|
CPMK4 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
|
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
||
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. |
|
Sub-CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik |
|
Sub-CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris |
|
Sub-CPMK4 |
Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. |
|
Sub-CPMK5 |
Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
|
Sub-CPMK6 |
Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. |
|
References
Utama |
|
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
|
CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
|
CPMK4 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
|
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
||
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. |
|
Sub-CPMK2 |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik |
|
Sub-CPMK3 |
Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris |
|
Sub-CPMK4 |
Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. |
|
Sub-CPMK5 |
Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
|
Sub-CPMK6 |
Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. |
|
References
Utama |
|
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
Learning Outcomes- Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.
- Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik.
- Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
- Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
- Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
- Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
- Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
- Related and Credible Online Sources
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
Learning Outcomes- Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.
- Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik.
- Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
- Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
- Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
- Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
- Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
- Related and Credible Online Sources
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
- Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
- Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
- Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
- Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris. |
Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1) |
Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16). |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9, KU1-2, KK8, PP1). |
- Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
- Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
Details ...