Belajar dan Pembelajaran, Curriculum : 2021


Courser in EnglishTeaching And Learning
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

 

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

 

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris

 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

 

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

 

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

 

 

References

Utama

 

 

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang

Pendukung

 

 

  1. Related and Credible Online Sources


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

 

CPMK3

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

 

CPMK4

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

 

Sub-CPMK2

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik

 

Sub-CPMK3

Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris

 

Sub-CPMK4

Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

 

Sub-CPMK5

Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

 

Sub-CPMK6

Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris.

 

 

References

Utama

 

 

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang

Pendukung

 

 

  1. Related and Credible Online Sources


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. 
  2. Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik.
  3. Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
  5. Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
  6. Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. 

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3. Related and Credible Online Sources 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran. 
  2. Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic, dan  teori belajar sibernetik.
  3. Menjelaskan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mendiskripsikan sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
  5. Mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
  6. Mendeskripsikan dan mengimplementasikan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. 

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3. Related and Credible Online Sources 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi  tentang hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  teori belajar sibernetik, kemandirian belajar dan motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar;  faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.

Learning Outcomes

Menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan teori-teori belajar dan pembelajaran yang mencakup teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar humanistic,  dan teori belajar sibernetik (S8-9, KU1-2, KK8, PP1)

Menjelaskan pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran, tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar (S8-9, KU1-2, KK8, PP16).

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar,  masalah-masalah belajar dan pembelajaran bahasa Inggris, dan  konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris. (S8-9,  KU1-2, KK8, PP1).

References

  1. Sri Haryati. 2017. Belajar dan Pembelajaran berbasi cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.
  2. Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang
  3.  


Details ...