Courser in English | EDUCATIONAL FOUNDATION AND DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidikan dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini memebrikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan infromal mata kuliah ini membahas hakikat pendidikan dan peran orangtua; dalam kaitannya dengan pendidikan nonformal dibahas tentang ketrkaitan pendidkan dengan kehidupan sosial-budaya;ng dan dalam kaitannya dengan pendidikan formal dibahas tentang hubungan pendidikan dengan sekolah, termasuk peran pemerintah dalam pendidikan. Dengan demikian menjadi jelas kajian pendidikan sebagai suatu sistem, termasuk sistem pendidikan nasional yang dimanifestasikan dalam proses pemelajaran di sekolah-sekolah beserta metode, model, media, pengelolaan, pembimbingan, dan pengadministrasiannya. Topik yang dibahas meliputi profesi guru, pendidikan dan sekolah, landasan-landasan pendidikan, pendekatan sistem-sistem pendidikan nasional, hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, dasar-dasar pembelajaran di sekolah masalah-masalah belajar metode, model, dan pendekatan dalam pembelajaran, pusat sumber belajar, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, bimbingan dan konseling di sekolah, dan administrasi pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidikan dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini memebrikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan infromal mata kuliah ini membahas hakikat pendidikan dan peran orangtua; dalam kaitannya dengan pendidikan nonformal dibahas tentang ketrkaitan pendidkan dengan kehidupan sosial-budaya;ng dan dalam kaitannya dengan pendidikan formal dibahas tentang hubungan pendidikan dengan sekolah, termasuk peran pemerintah dalam pendidikan. Dengan demikian menjadi jelas kajian pendidikan sebagai suatu sistem, termasuk sistem pendidikan nasional yang dimanifestasikan dalam proses pemelajaran di sekolah-sekolah beserta metode, model, media, pengelolaan, pembimbingan, dan pengadministrasiannya. Topik yang dibahas meliputi profesi guru, pendidikan dan sekolah, landasan-landasan pendidikan, pendekatan sistem-sistem pendidikan nasional, hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, dasar-dasar pembelajaran di sekolah masalah-masalah belajar metode, model, dan pendekatan dalam pembelajaran, pusat sumber belajar, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, bimbingan dan konseling di sekolah, dan administrasi pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
ReferencesMatsushita, Konosuke, (1982), Thoughts of Man, (terj. HB Yassin), Pustaka Jaya, Jakarta.
Muchtar, O., (1976), Pendidikan Nasional Indonesia, Pengertia dan Sejarah Perkembangan, Balai penelitian, IKIP Bandung.
Muchtar, O, (Penyunting), (1991), Dasar-Dasar Kependidikan, IKIP Bandung.
Mudyahardjo, R. (1995), Filsafat Pendidikan (Sebuah Studi Akademik) Bagian I Orientasi Umum: Landasan Filosofis Pendidikan dan Filsafat Pendidikan sebagai Suatu teori Pendidikan, Jurusan Filsafat Dan sosiologi Pendidikan, FIP, IKIP Bandung.
Mudyahardjo, R., (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remadja
Rosdakarya, Bandung.
Othman, A.I., (1987), The Concept of Man in Islam in The Writings of Al-Ghazali, (Terj.: Johan Smit, Anas Mahyudin, Yusuf), Pustaka, Bandung.
Plato, (1986), Phaidon: Dialog Sokrates tentang Tubuh-Jiwa, Sinar Baru, Bandung.
Poespowardojo, S. dan Bertens, K., (1983), Sekitar Manusia.: Bunga Rampai tentang Filsafat Manusia, Gramedia, Jakarta.
Soelaeman, M.I., (1988), Suatu, Telaah tentang Manusia-Religi.Pendidikan, Depdikbud.
Syam, M. N., (1984), Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Usaha Nasional, Surabaya-Indonesia.
Syaiyidain, K.G., (1954), Iqbal's Educationals Philosophy, Shaik Muhammad Ashraf, Kasmiri Bazar, Lahore.
Schumacher, E.F., (1980), A Guide for The Perflexed, Sphere Books Ltd., London.
Syaripudin, T., (1994), Implikasi Eksistensi Manusia terhadap Konsep Pendidikan Umum (Thesis), Program Pascasarjana IKIP Bandung.
Titus, Harold, et all., (1959), Living Issuesin Philosophy, American Book Coy., New York Van Peursen, C.A., (1982). Tubuh-Jiwa-Roh., (Terj.: K. Bertens), BPK Gunung Mulia, Jakarta.
Van der Weij, P.A., (1988), Filsuf-Filsuf Besar tentang. Manusia (Terj.: K. Bertens), Gramedia, Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidikan dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini memebrikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan infromal mata kuliah ini membahas hakikat pendidikan dan peran orangtua; dalam kaitannya dengan pendidikan nonformal dibahas tentang ketrkaitan pendidkan dengan kehidupan sosial-budaya;ng dan dalam kaitannya dengan pendidikan formal dibahas tentang hubungan pendidikan dengan sekolah, termasuk peran pemerintah dalam pendidikan. Dengan demikian menjadi jelas kajian pendidikan sebagai suatu sistem, termasuk sistem pendidikan nasional yang dimanifestasikan dalam proses pemelajaran di sekolah-sekolah beserta metode, model, media, pengelolaan, pembimbingan, dan pengadministrasiannya. Topik yang dibahas meliputi profesi guru, pendidikan dan sekolah, landasan-landasan pendidikan, pendekatan sistem-sistem pendidikan nasional, hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, dasar-dasar pembelajaran di sekolah masalah-masalah belajar metode, model, dan pendekatan dalam pembelajaran, pusat sumber belajar, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, bimbingan dan konseling di sekolah, dan administrasi pendidikan
Learning OutcomesMemeberikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal.
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidikan dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini memebrikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan infromal mata kuliah ini membahas hakikat pendidikan dan peran orangtua; dalam kaitannya dengan pendidikan nonformal dibahas tentang ketrkaitan pendidkan dengan kehidupan sosial-budaya;ng dan dalam kaitannya dengan pendidikan formal dibahas tentang hubungan pendidikan dengan sekolah, termasuk peran pemerintah dalam pendidikan. Dengan demikian menjadi jelas kajian pendidikan sebagai suatu sistem, termasuk sistem pendidikan nasional yang dimanifestasikan dalam proses pemelajaran di sekolah-sekolah beserta metode, model, media, pengelolaan, pembimbingan, dan pengadministrasiannya. Topik yang dibahas meliputi profesi guru, pendidikan dan sekolah, landasan-landasan pendidikan, pendekatan sistem-sistem pendidikan nasional, hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, dasar-dasar pembelajaran di sekolah masalah-masalah belajar metode, model, dan pendekatan dalam pembelajaran, pusat sumber belajar, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, bimbingan dan konseling di sekolah, dan administrasi pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidikan dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini memebrikan bekal bagi para guru/pendidik tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, hakikat pendidikan dalam kaitannya dengan masyarakat, sekolah dan pemerintah yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan atau pendidikan informal, nonformal, dan formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan infromal mata kuliah ini membahas hakikat pendidikan dan peran orangtua; dalam kaitannya dengan pendidikan nonformal dibahas tentang ketrkaitan pendidkan dengan kehidupan sosial-budaya;ng dan dalam kaitannya dengan pendidikan formal dibahas tentang hubungan pendidikan dengan sekolah, termasuk peran pemerintah dalam pendidikan. Dengan demikian menjadi jelas kajian pendidikan sebagai suatu sistem, termasuk sistem pendidikan nasional yang dimanifestasikan dalam proses pemelajaran di sekolah-sekolah beserta metode, model, media, pengelolaan, pembimbingan, dan pengadministrasiannya. Topik yang dibahas meliputi profesi guru, pendidikan dan sekolah, landasan-landasan pendidikan, pendekatan sistem-sistem pendidikan nasional, hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat pendidikan, dasar-dasar pembelajaran di sekolah masalah-masalah belajar metode, model, dan pendekatan dalam pembelajaran, pusat sumber belajar, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, bimbingan dan konseling di sekolah, dan administrasi pendidikan
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep landasan dan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun formal
References-
Details ...