Metodologi Penelitian, Curriculum : 2016


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramInformatika
SKS2 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan skripsi. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :

  1. Kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan.TI
  2. Psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

 

References

  1. Alan S. Kaufman & Nadeen L. Kaufman, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005.
  2. Ranjit Kumar, Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners, 2nd edition, SAGE Publications, 2005.
  3. Catherine Dawson, A Practical Guide to Research Methods, How To Books Ltd., 2007.
  4. Paul D. Leedy, Jeanne Ellis Ormrod, Practical Research: Planning and Design, 8th edition, Pearson Merrill Prentice Hall, 2005.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan skripsi. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :

  1. Kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan.TI
  2. Psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

References

  1. Alan S. Kaufman & Nadeen L. Kaufman, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005.
  2. Ranjit Kumar, Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners, 2nd edition, SAGE Publications, 2005.
  3. Catherine Dawson, A Practical Guide to Research Methods, How To Books Ltd., 2007.
  4. Paul D. Leedy, Jeanne Ellis Ormrod, Practical Research: Planning and Design, 8th edition, Pearson Merrill Prentice Hall, 2005.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan skripsi. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :

  1. Kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan.TI
  2. Psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

 

References

  1. Alan S. Kaufman & Nadeen L. Kaufman, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005.
  2. Ranjit Kumar, Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners, 2nd edition, SAGE Publications, 2005.
  3. Catherine Dawson, A Practical Guide to Research Methods, How To Books Ltd., 2007.
  4. Paul D. Leedy, Jeanne Ellis Ormrod, Practical Research: Planning and Design, 8th edition, Pearson Merrill Prentice Hall, 2005.


Details ...