Courser in English | SOFTWARE-BASED MEDIA DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software UNITY 3D. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone
Learning OutcomesS3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
Pa7 | Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |||||
KKb1 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiric dengan mengaplikasikan IPTEK (S3, S8, S9, KKb1) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep yang terkait dengan pengembangan media berbasis ICT(pa7) | |||||
CPMK3 | mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone.(KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika (KKb1) |
1. Video Pembelajaran Praktikum dan Channel Youtube Laboratorium mathupgris;
2. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
3. Aini, Aurora Nur and PRASETYOWATI, DINA and Prayito, Muhammad and Nugroho, Aryo Andri and ariyanto, lilik (2021) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity, 1 (1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang. ISBN 978-623-6602-71-3
4. Romadhon, S. ., Prayito, M. ., & Ariyanto, L. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Gema Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Adobe Animate Pada Materi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 115–121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3335
Details ...
Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software UNITY 3D. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone
Learning OutcomesS3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
Pa7 | Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |||||
KKb1 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiric dengan mengaplikasikan IPTEK (S3, S8, S9, KKb1) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep yang terkait dengan pengembangan media berbasis ICT(pa7) | |||||
CPMK3 | mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone.(KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika (KKb1) |
1. Video Pembelajaran Praktikum dan Channel Youtube Laboratorium mathupgris;
2. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
3. Aini, Aurora Nur and PRASETYOWATI, DINA and Prayito, Muhammad and Nugroho, Aryo Andri and ariyanto, lilik (2021) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity, 1 (1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang. ISBN 978-623-6602-71-3
4. Romadhon, S. ., Prayito, M. ., & Ariyanto, L. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Gema Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Adobe Animate Pada Materi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 115–121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3335
Details ...
Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software UNITY 3D. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone
Learning OutcomesS3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
Pa7 | Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |||||
KKb1 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiric dengan mengaplikasikan IPTEK (S3, S8, S9, KKb1) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep yang terkait dengan pengembangan media berbasis ICT(pa7) | |||||
CPMK3 | mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone.(KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika (KKb1) |
1. Video Pembelajaran Praktikum dan Channel Youtube Laboratorium mathupgris;
2. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
3. Aini, Aurora Nur and PRASETYOWATI, DINA and Prayito, Muhammad and Nugroho, Aryo Andri and ariyanto, lilik (2021) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity, 1 (1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang. ISBN 978-623-6602-71-3
4. Romadhon, S. ., Prayito, M. ., & Ariyanto, L. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Gema Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Adobe Animate Pada Materi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 115–121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3335
Details ...
Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software UNITY 3D. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone
Learning OutcomesS3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
Pa7 | Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |||||
KKb1 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiric dengan mengaplikasikan IPTEK (S3, S8, S9, KKb1) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep yang terkait dengan pengembangan media berbasis ICT(pa7) | |||||
CPMK3 | mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone.(KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika (KKb1) |
1. Video Pembelajaran Praktikum dan Channel Youtube Laboratorium mathupgris;
2. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
3. Aini, Aurora Nur and PRASETYOWATI, DINA and Prayito, Muhammad and Nugroho, Aryo Andri and ariyanto, lilik (2021) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity, 1 (1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang. ISBN 978-623-6602-71-3
4. Romadhon, S. ., Prayito, M. ., & Ariyanto, L. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Gema Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Adobe Animate Pada Materi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 115–121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3335
Details ...
Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software UNITY 3D. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone
Learning OutcomesS3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila | |||||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |||||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |||||
Pa7 | Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |||||
KKb1 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiric dengan mengaplikasikan IPTEK (S3, S8, S9, KKb1) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep yang terkait dengan pengembangan media berbasis ICT(pa7) | |||||
CPMK3 | mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Unity 3D , Peralatan (Tools) Unity 3D , Gambar Animasi pada Unity 3D , Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Unity 3D , pembuatan media pembelajaran Unity 3D pada smartphone.(KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika (KKb1) |
1. Video Pembelajaran Praktikum dan Channel Youtube Laboratorium mathupgris;
2. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
3. Aini, Aurora Nur and PRASETYOWATI, DINA and Prayito, Muhammad and Nugroho, Aryo Andri and ariyanto, lilik (2021) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity, 1 (1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang. ISBN 978-623-6602-71-3
4. Romadhon, S. ., Prayito, M. ., & Ariyanto, L. . (2022). Pengembangan Game Edukasi Gema Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Adobe Animate Pada Materi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 115–121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3335
Details ...