Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar
bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
1.Pendidikan etika profesi.
2.Etika profesi pendidikan multikultural.
3.Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
4.Etika profesi kependidikan.
5.Beberapa kasus etika profesi.
6.Beberapa argumen etika profesi.
7.Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
8.Wacana pendidikan karakter di Sekplah.
9.Naskah akademik pendidikan karakter.
10.Pancasila sebagai sistem nilai.
11.Pancasila sebagai ideologi.
12.Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
13.Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS.
Materi nomor 1 s/d. 7 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter individual, sedang materi nomor 8 s/d. 13 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter kolektif sebagai warganegara Republik Indonesia.
Learning OutcomesCapaian pembelajabn ini adalah:
1.Sikap
a.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e.menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.Keterampilan Umum
a.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Keterampilan Khusus
a.Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
b.Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
c.Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
d.Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5
- Arifin dan Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar
bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
1.Pendidikan etika profesi.
2.Etika profesi pendidikan multikultural.
3.Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
4.Etika profesi kependidikan.
5.Beberapa kasus etika profesi.
6.Beberapa argumen etika profesi.
7.Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
8.Wacana pendidikan karakter di Sekplah.
9.Naskah akademik pendidikan karakter.
10.Pancasila sebagai sistem nilai.
11.Pancasila sebagai ideologi.
12.Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
13.Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS.
Materi nomor 1 s/d. 7 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter individual, sedang materi nomor 8 s/d. 13 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter kolektif sebagai warganegara Republik Indonesia.
Learning OutcomesCapaian pembelajabn ini adalah:
1.Sikap
a.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e.menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.Keterampilan Umum
a.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Keterampilan Khusus
a.Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
b.Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
c.Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
d.Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5
- Arifin dan Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar
bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
1.Pendidikan etika profesi.
2.Etika profesi pendidikan multikultural.
3.Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
4.Etika profesi kependidikan.
5.Beberapa kasus etika profesi.
6.Beberapa argumen etika profesi.
7.Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
8.Wacana pendidikan karakter di Sekplah.
9.Naskah akademik pendidikan karakter.
10.Pancasila sebagai sistem nilai.
11.Pancasila sebagai ideologi.
12.Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
13.Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS.
Materi nomor 1 s/d. 7 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter individual, sedang materi nomor 8 s/d. 13 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter kolektif sebagai warganegara Republik Indonesia.
Learning OutcomesCapaian pembelajabn ini adalah:
1.Sikap
a.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e.menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.Keterampilan Umum
a.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Keterampilan Khusus
a.Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
b.Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
c.Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
d.Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5
- Arifin dan Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar
bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
1.Pendidikan etika profesi.
2.Etika profesi pendidikan multikultural.
3.Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
4.Etika profesi kependidikan.
5.Beberapa kasus etika profesi.
6.Beberapa argumen etika profesi.
7.Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
8.Wacana pendidikan karakter di Sekplah.
9.Naskah akademik pendidikan karakter.
10.Pancasila sebagai sistem nilai.
11.Pancasila sebagai ideologi.
12.Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
13.Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS.
Materi nomor 1 s/d. 7 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter individual, sedang materi nomor 8 s/d. 13 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter kolektif sebagai warganegara Republik Indonesia.
Learning OutcomesCapaian pembelajabn ini adalah:
1.Sikap
a.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b.menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c.berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e.menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g.taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h.menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.Keterampilan Umum
a.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Keterampilan Khusus
a.Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
b.Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
c.Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
d.Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5
- Arifin dan Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Standards for EFL
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; administrasi dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; administrasi dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; administrasi dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; administrasi dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; administrasi dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet
- Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
Details ...