Bahasa Inggris, Curriculum : 2014


Courser in EnglishENGLISH LANGUAGE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa PGSD semester 1 yang mendiskusikan konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan lisan dan tulis dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan baik lisan maupun tulis bahasa Inggris dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari

References

Tillitt, Bruce. 1999. Speaking Naturally: Communication Skills in American English. New York: Cambridge University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa PGSD semester 1 yang mendiskusikan konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan lisan dan tulis dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan baik lisan maupun tulis bahasa Inggris dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari

References

Tillitt, Bruce. 1999. Speaking Naturally: Communication Skills in American English. New York: Cambridge University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa PGSD semester 1 yang mendiskusikan konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan lisan dan tulis dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan baik lisan maupun tulis bahasa Inggris dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari

References

Tillitt, Bruce. 1999. Speaking Naturally: Communication Skills in American English. New York: Cambridge University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa PGSD semester 1 yang mendiskusikan konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan lisan dan tulis dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep berbahasa Inggris dengan menekankan pada kemampuan baik lisan maupun tulis bahasa Inggris dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran serta kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari

References

Tillitt, Bruce. 1999. Speaking Naturally: Communication Skills in American English. New York: Cambridge University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language). Di dalam perkuliahan, mahasiswa melatih kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan bahasa Inggris. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berperan menjadi anggota dunia global.

Learning Outcomes

Sikap                                         : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris.

Keterampilan Umum           : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu         pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus          : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

  • Pengetahuan : Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan keterampilan berbahasa Inggris.

References

SUMBER BELAJAR:

Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.

Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.

Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.

Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.

Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.

Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.

Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.

Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.

Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.

Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.

Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language). Di dalam perkuliahan, mahasiswa melatih kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan bahasa Inggris. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berperan menjadi anggota dunia global.

Learning Outcomes

Sikap                                         : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris.

Keterampilan Umum           : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu         pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus          : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

  • Pengetahuan : Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan keterampilan berbahasa Inggris.

References

SUMBER BELAJAR:

Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.

Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.

Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.

Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.

Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.

Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.

Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.

Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.

Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.

Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.

Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language). Di dalam perkuliahan, mahasiswa melatih kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan bahasa Inggris. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berperan menjadi anggota dunia global.

Learning Outcomes

Sikap                                         : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris.

Keterampilan Umum           : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu         pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus          : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

  • Pengetahuan : Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan keterampilan berbahasa Inggris.

References

SUMBER BELAJAR:

Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.

Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.

Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.

Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.

Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.

Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.

Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.

Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.

Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.

Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.

Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.


Details ...