Kewirausahaan , Curriculum : 2015


Courser in EnglishENTREPRENEURSHIP
ProgramTeknik Elektro - S1
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu berinovasi dalam studi kasus nyata
  2. Mahasiswa mampu membuat business plan.
  3. Mahasiswa mampu berkonstribusi sesuai bidangnya
  4. Mahasiswa mampu bekerjasama antar berbeda bidang
  5. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek pasar.
  6. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek operasional.
  7. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek finansial

References

.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu berinovasi dalam studi kasus nyata
  2. Mahasiswa mampu membuat business plan.
  3. Mahasiswa mampu berkonstribusi sesuai bidangnya
  4. Mahasiswa mampu bekerjasama antar berbeda bidang
  5. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek pasar.
  6. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek operasional.
  7. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek finansial

References

.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu berinovasi dalam studi kasus nyata
  2. Mahasiswa mampu membuat business plan.
  3. Mahasiswa mampu berkonstribusi sesuai bidangnya
  4. Mahasiswa mampu bekerjasama antar berbeda bidang
  5. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek pasar.
  6. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek operasional.
  7. Mahasiswa mampu memahami konsep aspek finansial

References

=


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar. dan mendorong Mahasiswa untuk menjadi Pewira usaha, karena saat ini dunia lapangan kerja baru mengalami keterpurukan .

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.

2.Mahasiswa mampu memahami konsep bagaimana menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya

3.Mahasiswa diharapkan memiliki jiwa wirausaha dan mampu menumbuh kembangkan  dan  dapat berorientasi pada tindakan

4.Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya

5. Mahasiswa mampu memiliki dan mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif

6. Menjadi Pewira usaha yang tangguh

References

Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar. dan mendorong Mahasiswa untuk menjadi Pewira usaha, karena saat ini dunia lapangan kerja baru mengalami keterpurukan .

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.

2.Mahasiswa mampu memahami konsep bagaimana menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya

3.Mahasiswa diharapkan memiliki jiwa wirausaha dan mampu menumbuh kembangkan  dan  dapat berorientasi pada tindakan

4.Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya

5. Mahasiswa mampu memiliki dan mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif

6. Menjadi Pewira usaha yang tangguh

References

Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mampu :

  • Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.
  • Mahasiswa mampu menunjukkan internalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dan mampu mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif.
  • Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya.
  • Mahasiswa mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik diluar maupun didalam lembaganya.
  • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan kewirausahaan

References

Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mampu :

  • Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.
  • Mahasiswa mampu menunjukkan internalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dan mampu mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif.
  • Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya.
  • Mahasiswa mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik diluar maupun didalam lembaganya.
  • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan kewirausahaan

References

Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.
  • Mahasiswa mampu menunjukkan internalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dan mampu mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif.
  • Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya.
  • Mahasiswa mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik diluar maupun didalam lembaganya.
  • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan kewirausahaan

References

.         Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa mampu memahami dan mengenal diri dan potensi yang ada dalam dirinya.
  • Mahasiswa mampu menunjukkan internalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dan mampu mengimplementasikan idenya dengan muatan yang kreatif dan inovatif.
  • Mahasiswa mampu memahami konsep keinginan serta pola pikir dalam pilihan hidupnya dan dalam menentukan masa depannya.
  • Mahasiswa mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik diluar maupun didalam lembaganya.
  • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan kewirausahaan

References

1.         Wajib :  1.   Hisrich, Robert D., Michael P., 2008, “Entrepreneurship“, Seventh Edition, MC Graw Hill, America.

2. Anjuran     :   

  1. M.Ikhsan, 2009 “Mencari Identitas Diri dari Mengenal Diri Sendiri”, Mizan Group, Jakarta
  2. Kiyosaki Robert, ” Cashflow Quadrant,. 2000, Jakarta: PPM  
  3. Johanes Arifin Wijaya, 2011, “From Fear to Success”, Penerbit Andi, Jakarta.
  4. Munandar Utami, 2006, “Kreativitas dan Keterbakatan – Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat” Gramedia, Jakarta.
  5. Zimmerer, Thomas W., 2008, “ Essential of Entrepreneurship and Small Business Management”, Fifth Edition, Pearson Education International, New Jersley.
  6. Longenecker, Justin G., Carlos W. Moore, 2001, ”Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil”, Buku 1&2, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Subarto Zaini, 2011, “Leadership In Action”, Elex Media, Jakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat memberikan gambaran dan perubahan pola pikir bagi mahasiswa, dimana mahasiswa diharapkan mempunyai jiwa entrepreneur dalam pola hidupnya dan mampu mengaplikasikan softskill di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar.

 

Learning Outcomes

1. Mahasiswa  dapat menginternalisasi  nilai dan sikap yang terkandung dalam enterpreneurship

2.  Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasarat  dasar  terbentiknya etos         entrepreneurship

3. Mahasiswa Dapat mendesiminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara luas

References

Geoffrey G. Meredith dkk. (1996) Kewirausahaan, Teori dan Praktek

SilabusKewirausahaan Buchari Alma. (2006).

Berpikir menjadi wira usaha Hisrich, Robert D., Michael P., 2008.Zimmerer, Thomas W

 


Details ...