Courser in English | LEARNING MANAGEMENT OF INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mendalami tugas dan tanggung jawab administrator pembelajaran mewujudkan keefektifan proses dan capaian melalui kajian sistem pembelajaran, fungsi dan konvensi pengelolaan, strategi, kriteria dan standar serta proses pengembangannya. Selain itu melalui mata kuliah ini juga mendalami konsep dasar perencanaan pembelajaran, alternatif dan solusi permasalahan, pengembangan, serta penilaian proses pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan demikian cakupan luasnya adalah tatacara pengelolaan perancangan dan pengembangan pembelajaran, mencakup idantifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, organisasi kurikulum dan pembelajaran termasuk strategi penerapan dalam lingkungan pembelajaran, sumber kurikulum, peranan sistem penunjang, dalam penyelenggaraan pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia dengan sasaran capaian pada pemahaman terhadap Analisis Kebijakan Pendidikan untuk pembelajaran, Pemberdayaan dalam pembelajaran, Asesmen Kebutuhan & Perencanaan Pembelajaran, Manajemen Strategik dalam Pembelajaran, serta Teknologi Perencanaan dan Penyelenggaraan Pembelajaran
Learning Outcomes
Memahami sistem pembelajaran, fungsi dan konvensi pengelolaan, strategi, kriteria dan standar serta proses pengembangannya |
menjelaskan konsep dasar perencanaan pembelajaran, alternatif dan solusi permasalahan, pengembangan, serta penilaian proses pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kualitas pembelajaran |
Menjelaskan tatacara pengelolaan perancangan dan pengembangan pembelajaran, mencakup idantifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, organisasi kurikulum dan pembelajaran |
Menentukan Strategi penerapan dalam lingkungan pembelajaran, sumber kurikulum, peranan sistem penunjang, dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia dengan sasaran capaian pada pemahaman terhadap analisis kebijakan pendidikan untuk pembelajaran,
|
Mengidentifikasi Pemberdayaan dalam pembelajaran berkaitan dengan asesmen kebutuhan & perencanaan pembelajaran, selain itu juga menentukan manajemen strategik dalam pembelajaran |
Merancang dan membuat teknologi perencanaan dan penyelenggaraan pembelajaran |
- Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods, 5th ed. Boston: Pearson, 2007.
- Yin, Robert K., Case Study Research: Design and Methods 2nd ed. California: Sage Publications, 1994.
- Norman K. Denzin and Yvonna S.Lincoln, The Landscape of Qualitative Research London, Sage Publications, 2003
- Engkoswara, H dan Komariah, Hj, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010 Mulyono, MA, “Manajemen Administrasi dan organisasi pendidikan, Yogyakarta, Ar Ruzz Media, 2008
- Sagala, Syaiful, Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi memenangkan persaingan mutu, Jakarta, Rakasta Semesta,2006
- Rivai, Veithzal H dan Sagala, Javani Ella, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari teori ke praktik, Jakarta:Rajawali Pers, 2010
- Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Details ...