Courser in English | - |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang :
1. Konsep Bahan Ajar
2. Buku Teks dan Buku Ajar
3. Regulasi yang terkait dengan Buhu Teks/ Buku Ajar
4. Buku PPKn SMP?MTS dan SMA/MA/SMK/MAK
5. Analisis Buku Teks PPKn/Pendidikan Pancasila SMP?MTS/SMA/MA/SMK/MAK
6. Penyusunan Buku Ajar PPKn/Pendidikan Pancasila SMP?MTS/SMA/MA/SMK/MAK
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
S5: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
P8: Menguasai substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic dispotition), dan keterampilan kewarganegaraan (civic skills);
KU1: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KK8: Mampu mengembangkan materi pembelajaran PPKn secara kreatif
CPMK1:
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Bahan Ajar, Buku Teks dan Buku Ajar, brserta regulasi yang terkait, sebagai bahan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, serta berkonstribusi dalam meningkatkan mutu Pendidikan. (P8.1-KU1-S5)
CPMK 2:
Menguasai Buku PPKn/Pendidikan Pancasila SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK dan mampu menganalisis kelayakan berlakunya sesuai dengan standar yang berlaku, sebagai bahan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (P8-KU1-S5)
CPMK 3:
Mengembangkan materi PPKn/Pendidikan Pancasila dalam bentuk Draf Buku Ajar PPKn/Pendidikan Pancasila SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK sebagai upaya mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai bidang keahliannya dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (KK8-KU1-S5)
References
- Hadi. MHP., Rochimudin., Asroni. A., Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Haryati, T., Sudrajat, R., Khoiriyah, N., Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). (2017). Semarang: Universitas PGRI Semarang Press
- Haryati, T., Khoiriyah, N. 2017. Analisis Muatan Nilai Karakter Dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Smp Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017. Vol. 8, No. 1 (2017). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15493
- Henry Guntur Tarigan &. Djago Tarigan, 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa
- Paulina Pannen, 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
- Prayogo., Afriansyah.A., Sapei. M.2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Rochimudin., Hadi. MHP., Asroni. A., Pendidikan Pancasila untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Sapei. M., Trezadigjaya., Prayogo. 2021. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VIII (buku Siswa) . Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Syamsul arifin dan Adi Kristianto, 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi, Jakarta: Grasindo
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2021. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/SMA/SMK Edisi Revisi.. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
- Permendiknas No. 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks
- Permendiknas No. 22 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan unt digunakan dalam pembelajaran
- Permendiknas No. 2 Tahun 2008 tentang Buku
- Permendikbud No. 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk PDM. Depdiknas, 2008 Panduan Pengembangan
- PP No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan
- PERMENDIKBUDRIS TEK RI Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses Dan Kaidah Pemerolehan Naskah, Serta Standar Proses Dan Kaidah Penerbitan Buku
- PERMENDIKBUDRIS TEK RI Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Penilaian Buku Pendidikan
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
1. Konsep Bahan Ajar
2. Buku Teks dan Buku Ajar
3. Regulasi yang terkait dengan Buhu Teks/ Buku Ajar
4. Buku PPKn SMP?MTS dan SMA/MA/SMK/MAK
5. Analisis Buku Teks PPKn/Pendidikan Pancasila SMP?MTS/SMA/MA/SMK/MAK
6. Penyusunan Buku Ajar PPKn/Pendidikan Pancasila SMP?MTS/SMA/MA/SMK/MAK
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
S5: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
P8: Menguasai substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic dispotition), dan keterampilan kewarganegaraan (civic skills);
KU1: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KK8: Mampu mengembangkan materi pembelajaran PPKn secara kreatif
CPMK1:
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Bahan Ajar, Buku Teks dan Buku Ajar, brserta regulasi yang terkait, sebagai bahan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, serta berkonstribusi dalam meningkatkan mutu Pendidikan. (P8.1-KU1-S5)
CPMK 2:
Menguasai Buku PPKn/Pendidikan Pancasila SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK dan mampu menganalisis kelayakan berlakunya sesuai dengan standar yang berlaku, sebagai bahan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (P8-KU1-S5)
CPMK 3:
Mengembangkan materi PPKn/Pendidikan Pancasila dalam bentuk Draf Buku Ajar PPKn/Pendidikan Pancasila SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK sebagai upaya mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai bidang keahliannya dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (KK8-KU1-S5)
References
- Hadi. MHP., Rochimudin., Asroni. A., Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Haryati, T., Sudrajat, R., Khoiriyah, N., Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). (2017). Semarang: Universitas PGRI Semarang Press
- Haryati, T., Khoiriyah, N. 2017. Analisis Muatan Nilai Karakter Dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Smp Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017. Vol. 8, No. 1 (2017). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15493
- Henry Guntur Tarigan &. Djago Tarigan, 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa
- Paulina Pannen, 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
- Prayogo., Afriansyah.A., Sapei. M.2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Rochimudin., Hadi. MHP., Asroni. A., Pendidikan Pancasila untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Sapei. M., Trezadigjaya., Prayogo. 2021. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VIII (buku Siswa) . Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemendikbudristek. https://buku.kemdikbud.go.id
- Syamsul arifin dan Adi Kristianto, 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi, Jakarta: Grasindo
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2021. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/SMA/SMK Edisi Revisi.. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
- Permendiknas No. 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks
- Permendiknas No. 22 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan unt digunakan dalam pembelajaran
- Permendiknas No. 2 Tahun 2008 tentang Buku
- Permendikbud No. 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk PDM. Depdiknas, 2008 Panduan Pengembangan
- PP No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan
- PERMENDIKBUDRIS TEK RI Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses Dan Kaidah Pemerolehan Naskah, Serta Standar Proses Dan Kaidah Penerbitan Buku
- PERMENDIKBUDRIS TEK RI Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Penilaian Buku Pendidikan
Details ...