Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4). |
CPMK2 |
Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa (S11, P6, KU3, KK5). |
CPMK3 |
Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK4 |
Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
CPMK5 |
Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
CPMK6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11). |
1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...