Konsep Dasar PPKn SD, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan. (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

(S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi calon guru, dan rasa percaya diri (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mampu mengelola organisasi di bidang pendidikan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (P2, KU1, KK2, KK11).

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...