Courser in English | FUNDAMENTALS OF BIOLOGY LEARNING |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya
Learning Outcomes1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri
2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi
4. Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
5. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi
6. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi
7. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
8. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal
9. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
10. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
11. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
12. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi
13. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
,N,,
ReferencesSlameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
H. Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya
Learning Outcomes1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri
2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi
4. Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
5. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi
6. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi
7. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
8. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal
9. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
10. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
11. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
12. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi
13. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
,N,,
ReferencesSlameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
H. Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri
2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi
4. Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
5. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi
6. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi
7. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
8. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal
9. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
10. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
11. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
12. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi
13. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
ReferencesSlameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
H. Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri
2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi
4. Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
5. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi
6. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi
7. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
8. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal
9. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
10. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
11. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
12. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi
13. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
ReferencesSlameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
H. Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri
2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi
4. Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
5. Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi
6. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi
7. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
8. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal
9. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
10. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi
11. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
12. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi
13. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi
ReferencesSlameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
H. Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo, 2000.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri | ||||
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal | ||||
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni | ||||
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman | ||||
Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi |
Pribadi, B.A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat | ||||||||||||||||||||||
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan) Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri | ||||
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal | ||||
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni | ||||
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman | ||||
Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi |
Pribadi, B.A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat | |||||||||||||||||||||||
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan) Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan prinsip dari berbagai teori belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivistik, Revolusi Sosiokultural, Humanistik, Neurosience) yang relevan dengan konteks Biologi, implementasi dalam pembelajaran Biologi melalui perancangan langkah-langkah pembelajaran dan desain sistem pembelajaran, berserta analisis implikasinya |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang dasar pembelajaran Biologi secara mandiri | ||||
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai teori, konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; layanan pengembangan potensi secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi dengan memperhatikan potensi lokal | ||||
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi dasar pembelajaran Biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni | ||||
Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dalam dasar pembelajaran Biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman | ||||
Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi dalam dasar pembelajaran Biologi | ||||
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dalam dasar pembelajaran Biologi |
Pribadi, B.A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat | |||||||||||||||||||||||
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan) Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Matakuliah ini berisi materi yang berhubungan dengan pembelajaran Biologi yang dikaji dari teori-teori dasar pembelajaran beserta aplikasinya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah :
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam teori-teori belajar berdasarkan temuan para ahli.
- Mahasiswa mampu menganalisis berbagai macam kasus-kasus pembelajaran dan mendasarkannya pada teori-teori belajar
- Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan terkait teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.
-
Details ...
Matakuliah ini berisi materi yang berhubungan dengan pembelajaran Biologi yang dikaji dari teori-teori dasar pembelajaran beserta aplikasinya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah :
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam teori-teori belajar berdasarkan temuan para ahli.
- Mahasiswa mampu menganalisis berbagai macam kasus-kasus pembelajaran dan mendasarkannya pada teori-teori belajar
- Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan terkait teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.
-
Details ...
Matakuliah ini berisi materi yang berhubungan dengan pembelajaran Biologi yang dikaji dari teori-teori dasar pembelajaran beserta aplikasinya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah :
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam teori-teori belajar berdasarkan temuan para ahli.
- Mahasiswa mampu menganalisis berbagai macam kasus-kasus pembelajaran dan mendasarkannya pada teori-teori belajar
- Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan terkait teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.
-
Details ...
Matakuliah ini berisi materi yang berhubungan dengan pembelajaran Biologi yang dikaji dari teori-teori dasar pembelajaran beserta aplikasinya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah :
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam teori-teori belajar berdasarkan temuan para ahli.
- Mahasiswa mampu menganalisis berbagai macam kasus-kasus pembelajaran dan mendasarkannya pada teori-teori belajar
- Mahasiwa mampu menguasai pengetahuan terkait teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih berbagai alternatif penjelasan ilmiah secara mandiri dan kelompok terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan menyelesaikan masalah terkait dengan teori-teori, pendekatan, model dan memberikan solusi dari berbagai perkembangan kasus pembelajaran yang terjadi di sekolah secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompoknya.
-
Details ...