Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEvaluation and Supervision of Guidance and Counseling
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

  1. Sikap
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

        2. Keterampilan Umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi evaluasi dan supervisi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang BK;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam evaluasi dan supervisi BK;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang evaluasi dan supervisi BK, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil evaluasi dan supervisi BK untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

       3. Keterampilan Khusus

  • Mampu menerapkan landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis evaluasi dan supervisi BK;
  • Mampu memadukan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan BK, sebagai dasar penyelenggaraan evaluasi dan supervisi BK;
  • Mampu menggunakan teknologi informasi untuk pengembangan mutu evaluasi dan supervisi BK;
  • Menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK;
  • Mampu berkomunikasi intrapersonal dan interpersonal secara efektif dalam pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK;
  • Mampu menampilkan keterampilan penerapan berbagai pendekatan dalam evaluasi dan supervisi BK;
  • Mampu membuat laporan pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK.

       4. Penguasaan Pengetahuan

  • Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik evaluasi dan supervisi BK;
  • Menguasai pengetahuan program BK;
  • Menguasai prinsip-prinsip BK;
  • Menguasai konsep teoretis evaluasi dan supervisi;
  • Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pelayanan BK;
  • Menguasai permasalahan-permasalahan serta pemecahannya dalam bidang  evaluasi dan superivsi BK;
  • Menguasai konsep norma dan etika yang dibutuhkan dalam evaluasi dan supervisi BK;

References

  1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  3. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMA. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
  5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
  6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
  7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  3. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMA. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
  5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
  6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
  7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK

Learning Outcomes

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BKdalam evaluasi dan supervisi BK;

References

  1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  3. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMA. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
  5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
  6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
  7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK

Learning Outcomes

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BKdalam evaluasi dan supervisi BK;

References

  1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  3. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMA. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
  5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
  6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
  7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  ini  merupakan  dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK

Learning Outcomes

       Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.                          Keterampilan Umum
  10. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi evaluasi dan supervisi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang BK;
  11. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam evaluasi dan supervisi BK;
  12. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang evaluasi dan supervisi BK, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  13. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  14. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  15. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK secara mandiri;
  16. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil evaluasi dan supervisi BK untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

       Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis evaluasi dan supervisi BK;
  2. Mampu memadukan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan BK, sebagai dasar penyelenggaraan evaluasi dan supervisi BK;
  3. Mampu menggunakan teknologi informasi untuk pengembangan mutu evaluasi dan supervisi BK;
  4. Menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK;
  5. Mampu berkomunikasi intrapersonal dan interpersonal secara efektif dalam pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK;
  6. Mampu menampilkan keterampilan penerapan berbagai pendekatan dalam evaluasi dan supervisi BK;
  7. Mampu membuat laporan pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK.

       Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik evaluasi dan supervisi BK;
  2. Menguasai pengetahuan program BK;
  3. Menguasai prinsip-prinsip organisasi dan manajemen BK;
  4. Menguasai konsep teoretis ilmu komunikasi antar pribadi;
  5. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pelayanan BK;
  6. Menguasai permasalahan-permasalahan serta pemecahannya dalam bidang  evaluasi dan superivsi BK;
  7. Menguasai konsep norma dan etika yang dibutuhkan dalam evaluasi dan supervisi BK;
  8. Menguasai konsep teoretis tentang kompetensi konselor;
  9. Menguasai konsep teoretis tentang hakikat kerja.

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis

    bagiMahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai

     Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.

6.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  ini  merupakan  dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK

Learning Outcomes

       Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.                          Keterampilan Umum
  10. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi evaluasi dan supervisi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang BK;
  11. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam evaluasi dan supervisi BK;
  12. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang evaluasi dan supervisi BK, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  13. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  14. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  15. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK secara mandiri;
  16. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil evaluasi dan supervisi BK untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

       Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis evaluasi dan supervisi BK;
  2. Mampu memadukan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan BK, sebagai dasar penyelenggaraan evaluasi dan supervisi BK;
  3. Mampu menggunakan teknologi informasi untuk pengembangan mutu evaluasi dan supervisi BK;
  4. Menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK;
  5. Mampu berkomunikasi intrapersonal dan interpersonal secara efektif dalam pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK;
  6. Mampu menampilkan keterampilan penerapan berbagai pendekatan dalam evaluasi dan supervisi BK;
  7. Mampu membuat laporan pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK.

       Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik evaluasi dan supervisi BK;
  2. Menguasai pengetahuan program BK;
  3. Menguasai prinsip-prinsip organisasi dan manajemen BK;
  4. Menguasai konsep teoretis ilmu komunikasi antar pribadi;
  5. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pelayanan BK;
  6. Menguasai permasalahan-permasalahan serta pemecahannya dalam bidang  evaluasi dan superivsi BK;
  7. Menguasai konsep norma dan etika yang dibutuhkan dalam evaluasi dan supervisi BK;
  8. Menguasai konsep teoretis tentang kompetensi konselor;
  9. Menguasai konsep teoretis tentang hakikat kerja.

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis

    bagiMahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai

     Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.

6.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.

6.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.

6.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...