Strategi Pembelajaran Biologi, Curriculum : 2010


Courser in EnglishTeaching Strategies of Biology
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis dan melatih berbagai upaya menata komponen proses pembelajaran  agar terjadinya pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan bermakna untuk mencapai hasil belajar yang optimal. pengantar pembelajaran, menciptakan kerangka  untuk belajar, pengenalan guru dalam pencapaian standar proses pendidikan, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, pembelajaran dalam standar proses pendidikan, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan mensimulasikan model-model pembelajaran inovatif

Learning Outcomes

Sikap

1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik

5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Pengetahuan

1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.

2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.

3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna . Bandung:  Mizan Learning Center.

 

Johnson,W.David. 2010. Collaborative Learning, Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama, Bandung: Nusa Media.

Joice,Brucee, 2004. Models of Teaching, New York: Mc.Graw Hills Publishing.

 

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim

 

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learnin g Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

 

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:  Kencana Prenada Media Group.

 

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada.

 

Yamin,Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung Persada.

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis dan melatih berbagai upaya menata komponen proses pembelajaran  agar terjadinya pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan bermakna untuk mencapai hasil belajar yang optimal. pengantar pembelajaran, menciptakan kerangka  untuk belajar, pengenalan guru dalam pencapaian standar proses pendidikan, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, pembelajaran dalam standar proses pendidikan, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan mensimulasikan model-model pembelajaran inovatif

Learning Outcomes

Sikap

1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik

5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Pengetahuan

1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.

2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.

3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna . Bandung:  Mizan Learning Center.

 

Johnson,W.David. 2010. Collaborative Learning, Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama, Bandung: Nusa Media.

Joice,Brucee, 2004. Models of Teaching, New York: Mc.Graw Hills Publishing.

 

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim

 

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learnin g Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

 

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:  Kencana Prenada Media Group.

 

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada.

 

Yamin,Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung Persada.

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis dan melatih berbagai upaya menata komponen proses pembelajaran  agar terjadinya pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan bermakna untuk mencapai hasil belajar yang optimal. pengantar pembelajaran, menciptakan kerangka  untuk belajar, pengenalan guru dalam pencapaian standar proses pendidikan, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, pembelajaran dalam standar proses pendidikan, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan mensimulasikan model-model pembelajaran inovatif

Learning Outcomes

Sikap

1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik

5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Pengetahuan

1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.

2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.

3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna . Bandung:  Mizan Learning Center.

 

Johnson,W.David. 2010. Collaborative Learning, Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama, Bandung: Nusa Media.

Joice,Brucee, 2004. Models of Teaching, New York: Mc.Graw Hills Publishing.

 

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim

 

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learnin g Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

 

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:  Kencana Prenada Media Group.

 

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada.

 

Yamin,Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung Persada.

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis dan melatih berbagai upaya menata komponen proses pembelajaran  agar terjadinya pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan bermakna untuk mencapai hasil belajar yang optimal. pengantar pembelajaran, menciptakan kerangka  untuk belajar, pengenalan guru dalam pencapaian standar proses pendidikan, sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, pembelajaran dalam standar proses pendidikan, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan mensimulasikan model-model pembelajaran inovatif

Learning Outcomes

Sikap

1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik

5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Pengetahuan

1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.

2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.

3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna . Bandung:  Mizan Learning Center.

 

Johnson,W.David. 2010. Collaborative Learning, Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama, Bandung: Nusa Media.

Joice,Brucee, 2004. Models of Teaching, New York: Mc.Graw Hills Publishing.

 

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Murni, Wahid, dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim

 

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learnin g Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

 

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:  Kencana Prenada Media Group.

 

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada.

 

Yamin,Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung Persada.

 


Details ...