Courser in English | CURRIUCULUM STUDIES |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mengenai tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
References-
Details ...
Mata kuliah tentang penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
-
Details ...
Mata kuliah tentang penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
-
Details ...
Mata kuliah tentang penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional
References-
Details ...
Mata Kuliah ini mengenai tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
References-
Details ...
Mata Kuliah ini mengenai tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
ReferencesAnntoinette D Lucia. (1999). The art and science of competency model . San Fransisco: Jossey-Bass.
David Newble. 2005.Developing an outcome focused core curriculum . Black well Publishing.
Frederick T. Evers. 1998. The bases of competence skills for lifelong learning and employability. San Fransisco: Jossey-Bass.
Gentile dan Lalley. 2003. Standards and Mastery Learning . California: A Sage Publications Company.
Marsh, Clon J. 2009. Key concepts for understanding curriculum . New York: Routledge Taylor and Francis Group.
McAshan, H.H. 1979. Competency-based education and behavioral objectives. Englewood Clift, New Yersey: Educational Technology Publications, Inc.
Details ...
Mata Kuliah ini mengenai tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
References-
Details ...
Mata Kuliah ini mengenai tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif
Learning OutcomesMenguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kajian kurikulum sebagai pendukung praktis pada perannya sebagai tenaga ahli pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
References-
Details ...