Pengkajian Media, Curriculum : 2010


Courser in EnglishMedia Assessment
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; 
  3.  

References

—Ardianto Elvinaro, Komala Lukiato, Karlinah Siti : Komunikasi Massa. Suatu pengantar, Edisi revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

—Wiryanto.2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.

—Mc Quail, Denis. 1987. Mass Communication theory : an introduction. Edisi ke-2. London : Sage Publications.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; 
  3.  

References

—Ardianto Elvinaro, Komala Lukiato, Karlinah Siti : Komunikasi Massa. Suatu pengantar, Edisi revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

—Wiryanto.2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.

—Mc Quail, Denis. 1987. Mass Communication theory : an introduction. Edisi ke-2. London : Sage Publications.


Details ...
Course Descriptions

Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari  media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang pada dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media dalam hal ini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.

Learning Outcomes

Sikap:

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 

 

Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

 

Keterampilan Khusus:

Mampu mengkaji berbagai media massa, dan mempublikasikan kajian.

 

Penguasaan Pengetahuan:

Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.

References

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Eriyanto. 2012. Analisis Framing, Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Utomo, Wisnu Prasetya. 2013. Pers Mahasiswa Melawan Komersialisasi Pendidikan. Yogyakarta: Indie Book Corner.


Details ...
Course Descriptions

Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari  media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang pada dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media dalam hal ini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.

Learning Outcomes

Sikap:

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 

 

Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

 

Keterampilan Khusus:

Mampu mengkaji berbagai media massa, dan mempublikasikan kajian.

 

Penguasaan Pengetahuan:

Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.

References

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Eriyanto. 2012. Analisis Framing, Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Utomo, Wisnu Prasetya. 2013. Pers Mahasiswa Melawan Komersialisasi Pendidikan. Yogyakarta: Indie Book Corner.


Details ...