Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Curriculum : 2017


Courser in EnglishAutomation of Facility and Infrastructure Management
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

Learning Outcomes

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta

memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah

bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,

komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di

bawah pengawasan langsung.

sub bab 

 

  1. Ruang lingkup Sarana dan Prasarana
  2. Menjelasakan Undang –undang regulasi Sarana dan prasarana
  3. Ruang lingkup K3
  4. Perlengkapan kantor
  5. Difinisi  Mesin-mesin kantor
  6. Pemeliharaan Mesin-mesin kantor
  7. Standarisasi perabot kantor
  8. Macam-macam perabot kantor
  9. Egronomi Kantor
  10. Perencanaan Kebutuhan Kantor
  11. Pengadaan Kebutuhan Kantor
  12. Invenatarisasi
  13. Pemeliharaan Sarana dan prasara kantor

References

1. Buku Guru Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

2. Buku  Siswa Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

3.  Buku Penunjang lain,   Internet Lingkungan Sekitar


Details ...
Course Descriptions

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

Learning Outcomes

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta

memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah

bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,

komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di

bawah pengawasan langsung.

sub bab 

 

  1. Ruang lingkup Sarana dan Prasarana
  2. Menjelasakan Undang –undang regulasi Sarana dan prasarana
  3. Ruang lingkup K3
  4. Perlengkapan kantor
  5. Difinisi  Mesin-mesin kantor
  6. Pemeliharaan Mesin-mesin kantor
  7. Standarisasi perabot kantor
  8. Macam-macam perabot kantor
  9. Egronomi Kantor
  10. Perencanaan Kebutuhan Kantor
  11. Pengadaan Kebutuhan Kantor
  12. Invenatarisasi
  13. Pemeliharaan Sarana dan prasara kantor

References

1. Buku Guru Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

2. Buku  Siswa Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

3.  Buku Penunjang lain,   Internet Lingkungan Sekitar


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran tentang sebuah proses atau mengatur dengan mudah untuk menunjang atau sebuah maksud yang ingin kita capai, dalam mengelola sarana dan prasarana kantor dilakukan dengan beberapa kegiatan, yaitu pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, investasi dan laporan sarana dan prasarana

Learning Outcomes

 

  1. Memiliki motivasi internal dan menunjukan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan administrasi sarana dan prasarana.
  2. menunjukan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sarana prasarana sebagai bagian dari sikap ilmiah
  3. Mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor.
  4. Mempresentasikan definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

  1. Memiliki motivasi internal dan menunjukan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan administrasi sarana dan prasarana.
  2. menunjukan prilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sarana prasarana sebagai bagian dari sikap ilmiah
  3. Mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor.

Indikator :   peserta didik bisa mencari definisi sarana dan prasarana kantor

          peserta didik bisa menjelaskana definisi  sarana dan prasarana kantor.

4.      Mempresentasikan definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor
indikator : Peserta didik bisa mempresentasikan sarana dan prasarana kantor

References

-


Details ...