| Courser in English | DEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION CURRICULUM | 
| Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | 
| SKS | 2 SKS | 
| RPS | 2 Data | 
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru PAUD dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang konsep konsep secara teoretik dan hal yang bersifat praktis yang berhubungan dengan konsep dan dimensi, hakikat, komponen, landasan dan prinsip, proses, model, evaluasi dan inovasi kurikulum dan pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; dan evaluasi kurikulum. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : hakikat
ReferencesAnsyar & Nurtain     (1993)    Pengembangan dan    Inovasi Kurikulum. Depdiknas. Ansyar, Moh. (1989)   Dasar-dasar   Pengembangan   Kurikulum. Depdiknas. Hasan, S. Hamid. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud, Dikti, Proyek  Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga  kependidikan. Ibrahim dan Karyadi, Beny. (1990). Materi Pokok: Pengembangan Inovasi dan Kurikulum.   Jakarta: Depdikbud. Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993) Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti,    Proyek Pembinaan Tenaga  Kependidikan. McNeil, Jhon D. (1990). Curriculum: Comprehensive Instroduction. London.  Miller, John P & Seller, Wayne. (1985). Curriculum Perspectives and Practice.  London:  Longman. Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan  Implementasi. Bandung: Remaja  Rosdakarya. 
CM.PRD-01-03 
Nasution. (1991). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. Nasution. (1995). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Oliva, Peter F. (1992). Developing the Curriculum. United States of America:  HarperCollinsPublishers.  Sumantri, Mulyani. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti, PPLPTK. Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka. Zais. R.S (1976). Curriculum Principles and Foundation. New York: Harper & Raw  Publisher.   
            Bandung,  Februari 2012 Ketua Prodi PGSD         Dosen,   
      Drs. H.  Dede Margo Irianto, M.Pd.       Dra. Hj. Rd. Deti Rostika, M. Pd        NIP.196201061986031004        NIP. 196104171986032001  
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru PAUD dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang konsep konsep secara teoretik dan hal yang bersifat praktis yang berhubungan dengan konsep dan dimensi, hakikat, komponen, landasan dan prinsip, proses, model, evaluasi dan inovasi kurikulum dan pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; dan evaluasi kurikulum. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : hakikat
ReferencesAnsyar & Nurtain     (1993)    Pengembangan dan    Inovasi Kurikulum. Depdiknas. Ansyar, Moh. (1989)   Dasar-dasar   Pengembangan   Kurikulum. Depdiknas. Hasan, S. Hamid. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud, Dikti, Proyek  Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga  kependidikan. Ibrahim dan Karyadi, Beny. (1990). Materi Pokok: Pengembangan Inovasi dan Kurikulum.   Jakarta: Depdikbud. Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993) Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti,    Proyek Pembinaan Tenaga  Kependidikan. McNeil, Jhon D. (1990). Curriculum: Comprehensive Instroduction. London.  Miller, John P & Seller, Wayne. (1985). Curriculum Perspectives and Practice.  London:  Longman. Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan  Implementasi. Bandung: Remaja  Rosdakarya. 
CM.PRD-01-03 
Nasution. (1991). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. Nasution. (1995). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Oliva, Peter F. (1992). Developing the Curriculum. United States of America:  HarperCollinsPublishers.  Sumantri, Mulyani. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti, PPLPTK. Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka. Zais. R.S (1976). Curriculum Principles and Foundation. New York: Harper & Raw  Publisher.   
            Bandung,  Februari 2012 Ketua Prodi PGSD         Dosen,   
      Drs. H.  Dede Margo Irianto, M.Pd.       Dra. Hj. Rd. Deti Rostika, M. Pd        NIP.196201061986031004        NIP. 196104171986032001  
Details ...
