Courser in English | Management of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini
References- Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
- Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
- Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
- S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini
References- Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
- Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
- Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
- S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini
References- Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
- Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
- Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
- S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga PAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hunungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraan PAUD.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa ini dapat memahami tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembagaPAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hubungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraanPAUD
References4i$rana S( Rahman 25590(
+onsep Dasar P,UD*
;ogyakarta : !raBndo 3itera Media( #sjoni 255/0(
!odel Pembelajaran ,anak Usia Dini
( 1andung : Al=a$eta( ,amal Makmur Asmani 255/0(
!anagemen Strategis P,UD
( ;ogyakarta : Di'a Press( ,amal Makmur Asmani 25.50(
Buku Pintar Play $roup
( ;ogyakarta : Pustaka 1uku(Maimunah 4asan 25.50(
Pendidikan ,nak Usia Dini
( ;ogyakarta : Di'a Press(Netti 4era&ati 25590(
Buku Pendidik ,UD
( Pekan$aru : ;ayasan ACiCah(Ratna Mega&ati dkk 25590(
Pendidik yang Patut dan !enyenangkan*
,akarta : #ndonesia 4erritage <oundation(Sujiono ;uliani N( 255/0(
+onsep Dasar P,UD*
,akarta 1arat : #ndeks(Suyadi 25..0(
!anagemen P,UD TP,-+B-T+./,*yogyakarta : Pustaka Pelajar(
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga PAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hunungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraan PAUD.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa ini dapat memahami tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembagaPAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hubungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraanPAUD
References4i$rana S( Rahman 25590(
+onsep Dasar P,UD*
;ogyakarta : !raBndo 3itera Media( #sjoni 255/0(
!odel Pembelajaran ,anak Usia Dini
( 1andung : Al=a$eta( ,amal Makmur Asmani 255/0(
!anagemen Strategis P,UD
( ;ogyakarta : Di'a Press( ,amal Makmur Asmani 25.50(
Buku Pintar Play $roup
( ;ogyakarta : Pustaka 1uku(Maimunah 4asan 25.50(
Pendidikan ,nak Usia Dini
( ;ogyakarta : Di'a Press(Netti 4era&ati 25590(
Buku Pendidik ,UD
( Pekan$aru : ;ayasan ACiCah(Ratna Mega&ati dkk 25590(
Pendidik yang Patut dan !enyenangkan*
,akarta : #ndonesia 4erritage <oundation(Sujiono ;uliani N( 255/0(
+onsep Dasar P,UD*
,akarta 1arat : #ndeks(Suyadi 25..0(
!anagemen P,UD TP,-+B-T+./,*yogyakarta : Pustaka Pelajar(
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
Learning Outcomes1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,
2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).
3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
References
Referensi:
Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
Learning Outcomes1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,
2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).
3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
References
Referensi:
Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
Learning Outcomes1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,
2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).
3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.
References
Referensi:
Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...