Manajemen Penyelenggaraan PAUD, Curriculum : 2010


Courser in EnglishManagement of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini

References

  1. Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
  3. Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
  4. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini

References

  1. Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
  3. Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
  4. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini

References

  1. Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah
  3. Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
  4. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga PAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hunungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraan PAUD.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa ini dapat memahami tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembagaPAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hubungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraanPAUD

References

4i$rana S( Rahman 25590(

+onsep Dasar P,UD*

 ;ogyakarta : !raBndo 3itera Media( #sjoni 255/0(

!odel Pembelajaran ,anak Usia Dini

( 1andung : Al=a$eta( ,amal Makmur Asmani 255/0(

!anagemen Strategis P,UD

( ;ogyakarta : Di'a Press( ,amal Makmur Asmani 25.50(

Buku Pintar Play $roup

( ;ogyakarta : Pustaka 1uku(Maimunah 4asan 25.50(

Pendidikan ,nak Usia Dini

( ;ogyakarta : Di'a Press(Netti 4era&ati 25590(

Buku Pendidik ,UD

( Pekan$aru : ;ayasan ACiCah(Ratna Mega&ati dkk 25590(

Pendidik yang Patut dan !enyenangkan*

 ,akarta : #ndonesia 4erritage <oundation(Sujiono ;uliani N( 255/0(

+onsep Dasar P,UD*

 ,akarta 1arat : #ndeks(Suyadi 25..0(

!anagemen P,UD TP,-+B-T+./,*yogyakarta : Pustaka Pelajar(


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga PAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hunungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraan PAUD.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa ini dapat memahami tentang konsep-konsep penyelenggaraan PAUD yang meliputi : settingan PAUD, tujuan, jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembagaPAUD, penyusunan program pembelajaran, administrasi kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta keuangan, hubungan PAUD dan masyarakat, super'isi penyelenggaraan PAUD dan laporan penyelenggaraanPAUD

References

4i$rana S( Rahman 25590(

+onsep Dasar P,UD*

 ;ogyakarta : !raBndo 3itera Media( #sjoni 255/0(

!odel Pembelajaran ,anak Usia Dini

( 1andung : Al=a$eta( ,amal Makmur Asmani 255/0(

!anagemen Strategis P,UD

( ;ogyakarta : Di'a Press( ,amal Makmur Asmani 25.50(

Buku Pintar Play $roup

( ;ogyakarta : Pustaka 1uku(Maimunah 4asan 25.50(

Pendidikan ,nak Usia Dini

( ;ogyakarta : Di'a Press(Netti 4era&ati 25590(

Buku Pendidik ,UD

( Pekan$aru : ;ayasan ACiCah(Ratna Mega&ati dkk 25590(

Pendidik yang Patut dan !enyenangkan*

 ,akarta : #ndonesia 4erritage <oundation(Sujiono ;uliani N( 255/0(

+onsep Dasar P,UD*

 ,akarta 1arat : #ndeks(Suyadi 25..0(

!anagemen P,UD TP,-+B-T+./,*yogyakarta : Pustaka Pelajar(


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

Learning Outcomes

 1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,

2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).

3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

References

 

Referensi:

Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah

Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.

S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

Learning Outcomes

 1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,

2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).

3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

References

 

Referensi:

Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah

Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.

S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan anak prasekolah, rancangan program pendidikan prasekolah, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

Learning Outcomes

 1. mampu memahami dan menerapkan rancangan program pendidikan prasekolah,

2. mampu memahami konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif).

3. mampu mengelola/manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD.

References

 

Referensi:

Asmani, Jamal Makmur.  2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah

Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.

S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...