Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Teknik Elektro - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang diampu oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mahasiswa non-Prodi PBSI. Mata kuliah ini diberikan sebagai bekal awal pengetahuan mahasiswa tentang bahasa Indonesia, yang meliputi sejarah bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan bahasa Indonesia, sampai dengan keterampilan berbahasa, khususnya menulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Umumnya, mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa di semester awal, sesuai dengan kebijakan masing-masing prodi.
Learning Outcomes
1. SIKAP: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius
2. KETERAMPILAN UMUM: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
3. KETERAMPILAN KHUSUS: Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN: Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesAlwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Pusat Basaha. 2017. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visi Yustisia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.
- Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
ReferencesAlwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.
Details ...