Courser in English | PHONOLOGY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia membahas sistem bunyi dalam bahasa Indonesia dan bagaimana bunyi-bunyi tersebut berfungsi dalam pembentukan makna. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar fonologi, termasuk pengertian fonem, alofon, dan proses-proses fonologis yang terjadi dalam bahasa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas perbandingan fonologi bahasa Indonesia dengan bahasa lain, serta implikasi fonologi dalam pengajaran bahasa. Melalui analisis data dan praktik, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan teori-teori fonologi dalam konteks pembelajaran bahasa.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah Fonologi Bahasa Indonesia
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
-
Memahami Konsep Dasar Fonologi:
- Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup fonologi serta perbedaannya dengan fonetik.
- Mengidentifikasi dan menjelaskan konsep-konsep dasar seperti fonem, alofon, dan suku kata.
-
Menganalisis Sistem Bunyi Bahasa Indonesia:
- Menerapkan teori fonologi untuk menganalisis sistem bunyi dalam bahasa Indonesia.
- Mengidentifikasi pola-pola fonologis dan proses-proses yang terjadi dalam bahasa Indonesia, seperti reduplikasi, penghilangan, dan perubahan bunyi.
-
Menerapkan Pengetahuan Fonologi dalam Pembelajaran:
- Menggunakan pengetahuan fonologi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, baik lisan maupun tulisan.
- Menerapkan prinsip-prinsip fonologi dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah.
-
Berpikir Kritis tentang Fonologi dan Pengajaran Bahasa:
- Menganalisis hubungan antara fonologi dan aspek-aspek lain dalam bahasa, seperti morfologi dan sintaksis.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memahami fenomena fonologis dalam konteks sosial dan budaya.
uku:
- Chaer, Abdul. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Suwandi, D. 2011. Fonologi Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Gussenhoven, Carlos, dan Haike Jacobs. 2011. Understanding Phonology. New York: Oxford University Press.
- Yule, George. 2010. The Study of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Jurnal:
- Linguistik Indonesia, Jurnal Ilmiah yang membahas berbagai aspek linguistik, termasuk fonologi.
- Wacana, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Jurnal Bahasa dan Sastra, yang memuat artikel-artikel tentang kajian bahasa dan sastra.
Details ...
Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia membahas sistem bunyi dalam bahasa Indonesia dan bagaimana bunyi-bunyi tersebut berfungsi dalam pembentukan makna. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar fonologi, termasuk pengertian fonem, alofon, dan proses-proses fonologis yang terjadi dalam bahasa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas perbandingan fonologi bahasa Indonesia dengan bahasa lain, serta implikasi fonologi dalam pengajaran bahasa. Melalui analisis data dan praktik, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan teori-teori fonologi dalam konteks pembelajaran bahasa.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah Fonologi Bahasa Indonesia
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
-
Memahami Konsep Dasar Fonologi:
- Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup fonologi serta perbedaannya dengan fonetik.
- Mengidentifikasi dan menjelaskan konsep-konsep dasar seperti fonem, alofon, dan suku kata.
-
Menganalisis Sistem Bunyi Bahasa Indonesia:
- Menerapkan teori fonologi untuk menganalisis sistem bunyi dalam bahasa Indonesia.
- Mengidentifikasi pola-pola fonologis dan proses-proses yang terjadi dalam bahasa Indonesia, seperti reduplikasi, penghilangan, dan perubahan bunyi.
-
Menerapkan Pengetahuan Fonologi dalam Pembelajaran:
- Menggunakan pengetahuan fonologi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, baik lisan maupun tulisan.
- Menerapkan prinsip-prinsip fonologi dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah.
-
Berpikir Kritis tentang Fonologi dan Pengajaran Bahasa:
- Menganalisis hubungan antara fonologi dan aspek-aspek lain dalam bahasa, seperti morfologi dan sintaksis.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memahami fenomena fonologis dalam konteks sosial dan budaya.
uku:
- Chaer, Abdul. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Suwandi, D. 2011. Fonologi Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Gussenhoven, Carlos, dan Haike Jacobs. 2011. Understanding Phonology. New York: Oxford University Press.
- Yule, George. 2010. The Study of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Jurnal:
- Linguistik Indonesia, Jurnal Ilmiah yang membahas berbagai aspek linguistik, termasuk fonologi.
- Wacana, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Jurnal Bahasa dan Sastra, yang memuat artikel-artikel tentang kajian bahasa dan sastra.
Details ...
Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia membahas sistem bunyi dalam bahasa Indonesia dan bagaimana bunyi-bunyi tersebut berfungsi dalam pembentukan makna. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar fonologi, termasuk pengertian fonem, alofon, dan proses-proses fonologis yang terjadi dalam bahasa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas perbandingan fonologi bahasa Indonesia dengan bahasa lain, serta implikasi fonologi dalam pengajaran bahasa. Melalui analisis data dan praktik, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan teori-teori fonologi dalam konteks pembelajaran bahasa.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah Fonologi Bahasa Indonesia
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
-
Memahami Konsep Dasar Fonologi:
- Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup fonologi serta perbedaannya dengan fonetik.
- Mengidentifikasi dan menjelaskan konsep-konsep dasar seperti fonem, alofon, dan suku kata.
-
Menganalisis Sistem Bunyi Bahasa Indonesia:
- Menerapkan teori fonologi untuk menganalisis sistem bunyi dalam bahasa Indonesia.
- Mengidentifikasi pola-pola fonologis dan proses-proses yang terjadi dalam bahasa Indonesia, seperti reduplikasi, penghilangan, dan perubahan bunyi.
-
Menerapkan Pengetahuan Fonologi dalam Pembelajaran:
- Menggunakan pengetahuan fonologi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, baik lisan maupun tulisan.
- Menerapkan prinsip-prinsip fonologi dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah.
-
Berpikir Kritis tentang Fonologi dan Pengajaran Bahasa:
- Menganalisis hubungan antara fonologi dan aspek-aspek lain dalam bahasa, seperti morfologi dan sintaksis.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memahami fenomena fonologis dalam konteks sosial dan budaya.
uku:
- Chaer, Abdul. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Suwandi, D. 2011. Fonologi Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Gussenhoven, Carlos, dan Haike Jacobs. 2011. Understanding Phonology. New York: Oxford University Press.
- Yule, George. 2010. The Study of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Jurnal:
- Linguistik Indonesia, Jurnal Ilmiah yang membahas berbagai aspek linguistik, termasuk fonologi.
- Wacana, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Jurnal Bahasa dan Sastra, yang memuat artikel-artikel tentang kajian bahasa dan sastra.
Details ...
Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.
Learning Outcomes
Memahami hakikat bunyi bahasa, fonologi, fonemik, dan fonetik, baik itu bahan dan objek kajian, ruang lingkup, serta hubungan ketiganya dengan disiplin linguistik lainnya (S4, S8, S10, KU5, P6, KK15). |
Memahami jenis fonetik nonlinguistis: akustis, organis/artikulatoris, auditoris (S8, S10, KU2, KU5, P6, KK1). |
Memahami fonetik linguistis, fona/fon bahasa Indonesia, transkripsi fonetis; cara menulis dan membaca fonetis, perbandingan fonetis antarbahasa, serta hubungan antara fonetik dan morfosintaksis: tekanan, intonasi, durasi (S5, S9, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7). |
Memahami fonem, mampu menulis dengan transkripsi fonemis, dapat membedakan fonem sgmental dan suprasegmental, memahami nalar fonotaktik bahasa Indonesia, menguasai pengetahuan tentang deretan fonem, diftong, dan kluster, serta Gejala-gejala fonemis, mengerti netralisasi dan arkifonem, serta memahami hubungan antara fonologi dan bidang linguistik lain (S5, KU1, KU5, P2, KK1, KK5, KK7). |
Memahami perbedaan antara grafologi dan fonologi beserta poin-poin teoretis maupun empiris yang membedakan keduanya (S3, S5, S9, KU1, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7). |
- Crystal, David. 2009. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
- Crystal, David. 2011. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Cambridge University Press
- Moeliono, Anton, Dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/16351/
- Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
- Verhaar, J.W.M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- https://kbbi.kemdikbud.go.id/
- https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
- http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.
Learning Outcomes
Memahami hakikat bunyi bahasa, fonologi, fonemik, dan fonetik, baik itu bahan dan objek kajian, ruang lingkup, serta hubungan ketiganya dengan disiplin linguistik lainnya (S4, S8, S10, KU5, P6, KK15). |
Memahami jenis fonetik nonlinguistis: akustis, organis/artikulatoris, auditoris (S8, S10, KU2, KU5, P6, KK1). |
Memahami fonetik linguistis, fona/fon bahasa Indonesia, transkripsi fonetis; cara menulis dan membaca fonetis, perbandingan fonetis antarbahasa, serta hubungan antara fonetik dan morfosintaksis: tekanan, intonasi, durasi (S5, S9, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7). |
Memahami fonem, mampu menulis dengan transkripsi fonemis, dapat membedakan fonem sgmental dan suprasegmental, memahami nalar fonotaktik bahasa Indonesia, menguasai pengetahuan tentang deretan fonem, diftong, dan kluster, serta Gejala-gejala fonemis, mengerti netralisasi dan arkifonem, serta memahami hubungan antara fonologi dan bidang linguistik lain (S5, KU1, KU5, P2, KK1, KK5, KK7). |
Memahami perbedaan antara grafologi dan fonologi beserta poin-poin teoretis maupun empiris yang membedakan keduanya (S3, S5, S9, KU1, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7). |
- Crystal, David. 2009. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
- Crystal, David. 2011. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Cambridge University Press
- Moeliono, Anton, Dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/16351/
- Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
- Verhaar, J.W.M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- https://kbbi.kemdikbud.go.id/
- https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
- http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur bunyi dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Bahan kajian yang akan dipelajari di antaranya: Kaidah bunyi dalam bahasa, perbedaan antara fonemik dan fonetik, termasuk pula simbol fonetik.
Learning OutcomesMenelaah hakikat fona/fon berdasarkan konsep-konsep kebahasaan
secara teoretis, terstruktur dengan penuh tanggung jawab secara
keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)
Menganalisis fona segmental dan fona suprasegmental sesuai dengan
konsep dasar kebahasaan dan pola pikir keilmuan secara mandiri
dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)
Mengidentifikasi pengaruh-pengaruh bunyi bahasa dan
mentranskripsikan fonetik berdasarkan konsep kebahasaan secara
sistematis dan prosedural sesuai dengan pola pikir keilmuan dengan
penuh tanggung jawab(P1,KU1, KK7, S9)
Menganalisis pengertian-pengertian prinsip tentang fonem berdasarkan
teoretis sesuai dengan kaidah kebahasaan secara mandiri dan tanggung
jawab yang tinggi. (P1, KU1, KK5, S9)
Melakukan penentuan, pemetaan, dan pendistribusian fonem
berdasarkan konsep-konsep kebahasaan secara teoretis, terstruktur
dengan penuh tanggung jawab secara keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)
Mengkaji Unsur-unsur opsional dalam realisasi fonem, ilmu fonem dan
ejaan bahasa Indonesia berdasarkan teoretis sesuai dengan kaidah
kebahasaan secara mandiri dan tanggung jawab yang tinggi. (P1, KU1,
KK5, S9)
References
1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat
Bahasa dan Balai Pustaka.
2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
4. Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif
Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.
6. Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Details ...
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur bunyi dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Bahan kajian yang akan dipelajari di antaranya: Kaidah bunyi dalam bahasa, perbedaan antara fonemik dan fonetik, termasuk pula simbol fonetik.
Learning OutcomesMenelaah hakikat fona/fon berdasarkan konsep-konsep kebahasaan
secara teoretis, terstruktur dengan penuh tanggung jawab secara
keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)
Menganalisis fona segmental dan fona suprasegmental sesuai dengan
konsep dasar kebahasaan dan pola pikir keilmuan secara mandiri
dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)
Mengidentifikasi pengaruh-pengaruh bunyi bahasa dan
mentranskripsikan fonetik berdasarkan konsep kebahasaan secara
sistematis dan prosedural sesuai dengan pola pikir keilmuan dengan
penuh tanggung jawab(P1,KU1, KK7, S9)
Menganalisis pengertian-pengertian prinsip tentang fonem berdasarkan
teoretis sesuai dengan kaidah kebahasaan secara mandiri dan tanggung
jawab yang tinggi. (P1, KU1, KK5, S9)
Melakukan penentuan, pemetaan, dan pendistribusian fonem
berdasarkan konsep-konsep kebahasaan secara teoretis, terstruktur
dengan penuh tanggung jawab secara keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)
Mengkaji Unsur-unsur opsional dalam realisasi fonem, ilmu fonem dan
ejaan bahasa Indonesia berdasarkan teoretis sesuai dengan kaidah
kebahasaan secara mandiri dan tanggung jawab yang tinggi. (P1, KU1,
KK5, S9)
References
1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat
Bahasa dan Balai Pustaka.
2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
4. Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif
Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.
6. Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Details ...