Fonologi, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.

Learning Outcomes

Memahami hakikat bunyi bahasa, fonologi, fonemik, dan fonetik, baik itu bahan dan objek kajian, ruang lingkup, serta hubungan ketiganya dengan disiplin linguistik lainnya (S4, S8, S10, KU5, P6, KK15).

Memahami jenis fonetik nonlinguistis: akustis, organis/artikulatoris, auditoris (S8, S10, KU2, KU5, P6, KK1). 

Memahami fonetik linguistis, fona/fon bahasa Indonesia, transkripsi fonetis; cara menulis dan membaca fonetis, perbandingan fonetis antarbahasa, serta hubungan antara fonetik dan morfosintaksis: tekanan, intonasi, durasi (S5, S9, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7).

Memahami fonem, mampu menulis dengan transkripsi fonemis, dapat membedakan fonem sgmental dan suprasegmental,  memahami nalar fonotaktik bahasa Indonesia, menguasai pengetahuan tentang deretan fonem, diftong, dan kluster, serta Gejala-gejala fonemis, mengerti netralisasi dan arkifonem, serta memahami hubungan antara fonologi dan bidang linguistik lain (S5, KU1, KU5, P2, KK1, KK5, KK7).

Memahami perbedaan antara grafologi dan fonologi beserta poin-poin teoretis maupun empiris yang membedakan keduanya (S3, S5, S9, KU1, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7).

References

  1. Crystal, David. 2009. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
  2. Crystal, David. 2011. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Cambridge University Press
  3. Moeliono, Anton, Dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/16351/
  4. Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
  5. Verhaar, J.W.M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  6. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  7. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
  8. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah

Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.

Learning Outcomes

Memahami hakikat bunyi bahasa, fonologi, fonemik, dan fonetik, baik itu bahan dan objek kajian, ruang lingkup, serta hubungan ketiganya dengan disiplin linguistik lainnya (S4, S8, S10, KU5, P6, KK15).

Memahami jenis fonetik nonlinguistis: akustis, organis/artikulatoris, auditoris (S8, S10, KU2, KU5, P6, KK1). 

Memahami fonetik linguistis, fona/fon bahasa Indonesia, transkripsi fonetis; cara menulis dan membaca fonetis, perbandingan fonetis antarbahasa, serta hubungan antara fonetik dan morfosintaksis: tekanan, intonasi, durasi (S5, S9, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7).

Memahami fonem, mampu menulis dengan transkripsi fonemis, dapat membedakan fonem sgmental dan suprasegmental,  memahami nalar fonotaktik bahasa Indonesia, menguasai pengetahuan tentang deretan fonem, diftong, dan kluster, serta Gejala-gejala fonemis, mengerti netralisasi dan arkifonem, serta memahami hubungan antara fonologi dan bidang linguistik lain (S5, KU1, KU5, P2, KK1, KK5, KK7).

Memahami perbedaan antara grafologi dan fonologi beserta poin-poin teoretis maupun empiris yang membedakan keduanya (S3, S5, S9, KU1, KU5, P1, P6, KK1, KK5, KK7).

References

  1. Crystal, David. 2009. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
  2. Crystal, David. 2011. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Cambridge University Press
  3. Moeliono, Anton, Dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/16351/
  4. Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
  5. Verhaar, J.W.M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  6. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  7. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
  8. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah

Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur bunyi dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Bahan kajian yang akan dipelajari di antaranya: Kaidah bunyi dalam bahasa, perbedaan antara fonemik dan fonetik, termasuk pula simbol fonetik. 

Learning Outcomes

Menelaah hakikat fona/fon berdasarkan konsep-konsep kebahasaan
secara teoretis, terstruktur dengan penuh tanggung jawab secara
keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)

Menganalisis fona segmental dan fona suprasegmental sesuai dengan
konsep dasar kebahasaan dan pola pikir keilmuan secara mandiri
dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengidentifikasi pengaruh-pengaruh bunyi bahasa dan
mentranskripsikan fonetik berdasarkan konsep kebahasaan secara

sistematis dan prosedural sesuai dengan pola pikir keilmuan dengan
penuh tanggung jawab(P1,KU1, KK7, S9)

Menganalisis pengertian-pengertian prinsip tentang fonem berdasarkan
teoretis sesuai dengan kaidah kebahasaan secara mandiri dan tanggung
jawab yang tinggi. (P1, KU1, KK5, S9)

Melakukan penentuan, pemetaan, dan pendistribusian fonem
berdasarkan konsep-konsep kebahasaan secara teoretis, terstruktur
dengan penuh tanggung jawab secara keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)

Mengkaji Unsur-unsur opsional dalam realisasi fonem, ilmu fonem dan
ejaan bahasa Indonesia berdasarkan teoretis sesuai dengan kaidah
kebahasaan secara mandiri dan tanggung jawab yang tinggi. (P1, KU1,
KK5, S9)

 

References

1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat
Bahasa dan Balai Pustaka.
2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
4. Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif
Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.
6. Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur bunyi dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Bahan kajian yang akan dipelajari di antaranya: Kaidah bunyi dalam bahasa, perbedaan antara fonemik dan fonetik, termasuk pula simbol fonetik. 

Learning Outcomes

Menelaah hakikat fona/fon berdasarkan konsep-konsep kebahasaan
secara teoretis, terstruktur dengan penuh tanggung jawab secara
keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)

Menganalisis fona segmental dan fona suprasegmental sesuai dengan
konsep dasar kebahasaan dan pola pikir keilmuan secara mandiri
dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengidentifikasi pengaruh-pengaruh bunyi bahasa dan
mentranskripsikan fonetik berdasarkan konsep kebahasaan secara

sistematis dan prosedural sesuai dengan pola pikir keilmuan dengan
penuh tanggung jawab(P1,KU1, KK7, S9)

Menganalisis pengertian-pengertian prinsip tentang fonem berdasarkan
teoretis sesuai dengan kaidah kebahasaan secara mandiri dan tanggung
jawab yang tinggi. (P1, KU1, KK5, S9)

Melakukan penentuan, pemetaan, dan pendistribusian fonem
berdasarkan konsep-konsep kebahasaan secara teoretis, terstruktur
dengan penuh tanggung jawab secara keilmuan. (P1, KU1, KK5, S9)

Mengkaji Unsur-unsur opsional dalam realisasi fonem, ilmu fonem dan
ejaan bahasa Indonesia berdasarkan teoretis sesuai dengan kaidah
kebahasaan secara mandiri dan tanggung jawab yang tinggi. (P1, KU1,
KK5, S9)

 

References

1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat
Bahasa dan Balai Pustaka.
2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
4. Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif
Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.
6. Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.


Details ...