Pendidikan Seni Musik, Curriculum : 2014


Courser in EnglishMUSICAL ART EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

 

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

 

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

 

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

 

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan seni di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran empat bidang seni (music, tari, drama dan rupa) di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi seni musik di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi seni musik di sekolah dasar. (C4).
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993. Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...