Bimbingan Konseling, Curriculum : 2019


Courser in EnglishGUIDANCE AND COUNSELING
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan Bkdi sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengembangkan sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. mempunyai tugas bimbingan kepada peserta dididk

References

Abin Syamsuddin Makmun (2000), Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Achmad Juntika Nurihsan (2005), dan Muro, J James and Kotman, Ferry (1995). Dharsana, Ketut. (2015) RPBK Seri Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok,       Konseling        Individu            Untuk  Pengembangan          Self Achievement. BK FIP UNDIKSHA: Singaraja.


Details ...