Courser in English | Pronunciation Practice |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
This course is designed to train students how to produce 12 vowels, 8 diphthongs and 24 consonants correctly as well as to produce consonant clusters and word endings. The knowledge of speech organs, their functions, and how to use them properly in speech will also be learnt by the students. In the final phase, students should have complex skills which are able to pronounce sounds in the form of words, phrases, and sentences using appropriate stress and intonation as native like.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
CPL1 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
CPL 2 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
CPL 3 (P6) |
Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran |
|
CPL 4 (P11) |
Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) setara tingkat post-intermediate dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan |
|
CPL 5 (P13) |
Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis |
|
CPL 6 (P14) |
Menguasai unsur kebahasaan (language elements) bahasa Inggris |
|
CPL 7 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL 8 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|
CPL 9 (KU8) |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
CPL 10 (KK1) |
Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate |
|
CPL 11 (KK2) |
Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate |
|
CPL 12 (KK3) |
Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Recognizing IPA symbols and speech organs. (International Phonetic Alphabets (IPA) symbols, speech organs) (S8, KU1, KK1, P6) |
|
CPMK2 |
Comparing sounds, they produce with native sounds. (12 vowels, 8 diphthongs, 24 consonants, consonants clusters, word endings) (S9, KU2, KK2, P11) |
|
CPMK3 |
Critiquing the sounds belong to their partner. (stress and intonation) (S9, KU8, KK3, P13) |
|
CPMK4 |
Producing the sounds as native like (sounds in the form of words, phrases, and sentences) (S9, KU8, KK3, P14) |
|
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
||
Sub-CPMK1 |
Recognize the IPA symbols and speech organs |
|
Sub-CPMK2 |
Compare the sounds they produce with native sounds |
|
Sub-CPMK3 |
Implement the sounds produced with the correct pronunciation |
|
Sub-CPMK4 |
Differentiate the correct and incorrect pronunciation of stress and intonation |
|
Sub-CPMK5 |
Criticize the sounds belong to their partner |
|
Sub-CPMK6 |
Produce the sounds as native like |
|
|
|
|
|
Details ...
This course is designed to train students how to produce 12 vowels, 8 diphthongs and 24 consonants correctly as well as to produce consonant clusters and word endings. The knowledge of speech organs, their functions, and how to use them properly in speech will also be learnt by the students. In the final phase, students should have complex skills which are able to pronounce sounds in the form of words, phrases, and sentences using appropriate stress and intonation as native like.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
CPL1 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
CPL 2 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
CPL 3 (P6) |
Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran |
|
CPL 4 (P11) |
Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) setara tingkat post-intermediate dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan |
|
CPL 5 (P13) |
Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis |
|
CPL 6 (P14) |
Menguasai unsur kebahasaan (language elements) bahasa Inggris |
|
CPL 7 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL 8 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|
CPL 9 (KU8) |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|
CPL 10 (KK1) |
Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate |
|
CPL 11 (KK2) |
Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate |
|
CPL 12 (KK3) |
Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK1 |
Recognizing IPA symbols and speech organs. (International Phonetic Alphabets (IPA) symbols, speech organs) (S8, KU1, KK1, P6) |
|
CPMK2 |
Comparing sounds, they produce with native sounds. (12 vowels, 8 diphthongs, 24 consonants, consonants clusters, word endings) (S9, KU2, KK2, P11) |
|
CPMK3 |
Critiquing the sounds belong to their partner. (stress and intonation) (S9, KU8, KK3, P13) |
|
CPMK4 |
Producing the sounds as native like (sounds in the form of words, phrases, and sentences) (S9, KU8, KK3, P14) |
|
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
||
Sub-CPMK1 |
Recognize the IPA symbols and speech organs |
|
Sub-CPMK2 |
Compare the sounds they produce with native sounds |
|
Sub-CPMK3 |
Implement the sounds produced with the correct pronunciation |
|
Sub-CPMK4 |
Differentiate the correct and incorrect pronunciation of stress and intonation |
|
Sub-CPMK5 |
Criticize the sounds belong to their partner |
|
Sub-CPMK6 |
Produce the sounds as native like |
|
|
|
|
|
Details ...