Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan di sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kajian budaya. (KU3)
- Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Ekonomi dengan memanfaatkan IPTEKS. (KK1)
- Mampu mengkaji dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran Ekonomi. (KK2)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan pembelajaran Ekonomi (P1).
- Menguasa ikonsep teoretis pembelajaran Ekonomi. (P2)
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan ProfesiKependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. &Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Bangko, Maret 2013. Standards for EFL
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung :Alfabeta.
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;
- Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Permeendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar Isi
- Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
- Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian ;
- Permendikbud No. 34 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 SMK/MAK
- Permendikbud No. 36 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA
- Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 2013 pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah
- PP No. 57 Tahun 2021 ; tentang Standar Nasional Pendidikan
- PP No. 19 tahun 2017 tentang Guru perubahan PP No. 74 tahun 2008 tentang Guru
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia;
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung :Alfabeta.
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan di sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kajian budaya. (KU3)
- Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Ekonomi dengan memanfaatkan IPTEKS. (KK1)
- Mampu mengkaji dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran Ekonomi. (KK2)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan pembelajaran Ekonomi (P1).
- Menguasa ikonsep teoretis pembelajaran Ekonomi. (P2)
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan ProfesiKependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. &Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Bangko, Maret 2013. Standards for EFL
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung :Alfabeta.
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;
- Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Permeendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar Isi
- Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
- Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian ;
- Permendikbud No. 34 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 SMK/MAK
- Permendikbud No. 36 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA
- Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 2013 pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah
- PP No. 57 Tahun 2021 ; tentang Standar Nasional Pendidikan
- PP No. 19 tahun 2017 tentang Guru perubahan PP No. 74 tahun 2008 tentang Guru
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia;
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung :Alfabeta.
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
Details ...
Mata Kuliah Etika Profesi Kependidikan berisi sembilan (9) pokok bahasan yaitu, (1) Hakikat Profesi dan Profesi Kependidikan , (2) Landasan Hukum Profesi Guru (3) Organisasi Profesi bidang Pendidikan (4) Kompetensi Guru dan PKB, (5) Implementasi Kode Etik Profesi dan dampak hukum, (6) Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (7) Administrasi dan Supervisi, (8) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan (9) Permasalahan dan tantangan Bidang Pendidikan. Setelah mempelajari sembilan (9) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang profesi Guru, dan meimplementasikan Etika Guru dalam menjalankan profesinya sebagai pendidik.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu mendeskripsikan Hakikat Profesi dan Profesi Kependidikan . .
- Mampu menganalisis landasan hukum bidang pendidikan
- Mampu mengidentifikasi organisasi profesi bidang pendidikan.
- Mampu mendeskripsikan kompetensi Guru dan implementasi PKB
- Mampu mengidentifikasi implementasi kode etik profesi guru.
- Mampu mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Mampu menyusun kisi – kisi administrasi guru dan instrumen supervisi.
- Mampu menganalisis Penelitian Tindakan Kelas dalam mengembangan kualitas pembelajaran.
- Mampu berpatisipasi melalui pengembangan ide/ gagasan dalam menyelesaikan persoalan pendidikan di Indonesioa
- Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang ruang lingkup profesi guru
- Menguasai konsep teoritis tentang landasan hukum bidang pendidikan
- Menguasai konsep teoritis tentang organisasi profesi di bidang pendidikan
- Menguasai pengetahuan tentang kompetensi guru dan implementasi PKB
- Menguasai konsep teoritis tentang implementasi kode etik profesi guru
- Menguasai pengetahuan tentang kedudukan dan peran guru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.
- Menguasai pengetahuan tentang administrasi dan supervisi di sekolah
- Menguasai pengetahuan tentang hakikat PTK dalam pengembangan kualitas pembelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang permasalahan pendidikan dan cara penyelesaiannya.
Arifin, & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Arifin & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional ( Instrumen, Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian). Yogyakarta : Ar-Ruzz Nedia
Clarke, L and Winch, C. 2007. Vocational Education International Approach, Development and System. New York: Routledge
E. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Cet. VI); Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ellström P-E and Kock H. 2008 Competence development in the workplace: Concepts strategies and effects. Asia Pacific Education Review 9(1): 5–20.
Gasskov, Vladimir. 2000. Managing Vocational Training System : Hand Book For Senior Administrator, Geneva : International Labour Office.
Guskey, T. R. 2002. Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching:Theory and Practice. International Journal of Educational Development. 8 (3-4), 381-391.
Details ...
Mata Kuliah Etika Profesi Kependidikan berisi sembilan (9) pokok bahasan yaitu, (1) Hakikat Profesi dan Profesi Kependidikan , (2) Landasan Hukum Profesi Guru (3) Organisasi Profesi bidang Pendidikan (4) Kompetensi Guru dan PKB, (5) Implementasi Kode Etik Profesi dan dampak hukum, (6) Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (7) Administrasi dan Supervisi, (8) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan (9) Permasalahan dan tantangan Bidang Pendidikan. Setelah mempelajari sembilan (9) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang profesi Guru, dan meimplementasikan Etika Guru dalam menjalankan profesinya sebagai pendidik.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu mendeskripsikan Hakikat Profesi dan Profesi Kependidikan . .
- Mampu menganalisis landasan hukum bidang pendidikan
- Mampu mengidentifikasi organisasi profesi bidang pendidikan.
- Mampu mendeskripsikan kompetensi Guru dan implementasi PKB
- Mampu mengidentifikasi implementasi kode etik profesi guru.
- Mampu mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Mampu menyusun kisi – kisi administrasi guru dan instrumen supervisi.
- Mampu menganalisis Penelitian Tindakan Kelas dalam mengembangan kualitas pembelajaran.
- Mampu berpatisipasi melalui pengembangan ide/ gagasan dalam menyelesaikan persoalan pendidikan di Indonesioa
- Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang ruang lingkup profesi guru
- Menguasai konsep teoritis tentang landasan hukum bidang pendidikan
- Menguasai konsep teoritis tentang organisasi profesi di bidang pendidikan
- Menguasai pengetahuan tentang kompetensi guru dan implementasi PKB
- Menguasai konsep teoritis tentang implementasi kode etik profesi guru
- Menguasai pengetahuan tentang kedudukan dan peran guru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.
- Menguasai pengetahuan tentang administrasi dan supervisi di sekolah
- Menguasai pengetahuan tentang hakikat PTK dalam pengembangan kualitas pembelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang permasalahan pendidikan dan cara penyelesaiannya.
Arifin, & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Arifin & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional ( Instrumen, Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian). Yogyakarta : Ar-Ruzz Nedia
Clarke, L and Winch, C. 2007. Vocational Education International Approach, Development and System. New York: Routledge
E. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Cet. VI); Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ellström P-E and Kock H. 2008 Competence development in the workplace: Concepts strategies and effects. Asia Pacific Education Review 9(1): 5–20.
Gasskov, Vladimir. 2000. Managing Vocational Training System : Hand Book For Senior Administrator, Geneva : International Labour Office.
Guskey, T. R. 2002. Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching:Theory and Practice. International Journal of Educational Development. 8 (3-4), 381-391.
Details ...