Metode Penelitian, Curriculum : 2022


Courser in EnglishResearch Methods
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar penelitian, langkah-langkah melakukan melakukan penelitian dalam skala kecil, terutama dalam memecahkan masalah praktis (action research). Konsep pendekatan ilmiah, perencanaan desain, palaksanaan survey, eksperimen, deskriptif, serta penyusunan proposal penelitian 

Learning Outcomes

1. Memahami Konsep Dasar Penelitian,mulai dari ruang linkup, jenis penelitian, sesuai bidang keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

2. Mampu mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi  
3. Mampu menyusun desain penelitian sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian (termasuk didalamnya menentukan populasi, sampel, instumen, dan analisis datanya)  

References

Armour K. & Macdonald, D. (2012). Research methods in physical education and youth sport. London: Routledge

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd Edn). London: Sage Publication Ltd.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2012). How to design and evaluative research in education. (7th. Eds). Boston: McGrawHill Higher Education  

Johnson, B. & Cristensen, L. (2012). Education research. 4th Eds. London. Sage

Lacy, A.C. (2011). Measurement and evaluation in physical eduaction and exercise science. Sixth edition. New York. Pearson.

Morrow, J.R., Jackson, A.W., Disch, J.G., & Mood, D.P. (2005). Measurement and evaluation in human performance. (3rd Eds). Canada: Human Kinetics

Myers, A., & Hansen, C. (2002). Experimental psychology. California: Wadsworth Thomson Learning

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized causal inference. New York. Houghton Mifflin Company.

Stringer, E.T. (2007). Action research. (3rd Edition). Australia: Sage Publications.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing 

Thomas, J.R. Nelson, J.K., Silverman, S.J. (2011). Research method in physical activity. (7th Eds). New Jersey. Human Kinetics


Details ...
Course Descriptions

.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...