Courser in English | WRITING TECHNIQUE AND WORKSHOP OF FINAL PROJECT PROPOSAL |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Teknik Penulisan dan Seminar Proposal Skripsi ini membekali mahasiswa dengan:
1. Pengetahuan tentang teknik penulisan skripsi mulai dari sistematika penulisan proposal dan skripsi, tata cara penulisan, isi proposal dan skripsi, serta penulisan artikel ilmiah;
2. Keterampilan menyusun proposal dan laporan penelitian dalam bentuk skripsi;
3. Mengkomunikasikan proposal skripsi yang telah disusun dalam seminar kelas.
CPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S) S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Pengetahuan
(P)
P17 Menguasai falsafah, kaidah, desain, metode, prosedur penelitian dan penggunaan hasil-hasil penelitian untuk keperluan penulisan penelitian skripsi.
P19 Menguasai kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam penyusunan laporan skripsi, karya ilmiah dan publikasinya untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pelayanan
bimbingan dan konseling.
Ketrampilan
Umum (KU)
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik
hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK19 Terampil mengidentifikasi fenomena permasalahan penelitian serta menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah (termasuk tentang plagiasi), melakukan kajian
pustaka dalam menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik secara tertulis dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang
memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
KK21 Terampil merancang metode, teknik, dan prosedur serta analisis data penelitian skripsi atau penyusunan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling.
KK28 Terampil menggunakan teknik-teknik yang komunikatif, efisien dan efektif dalam presentasi karya ilmiah di depan forum umum maupun forum khusus.
KK29 Terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah.
1. Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
2. POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
3. Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah - Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
4. Winkel & Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
5. Marsudi, Saring. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: IKAPI.
6. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
7. Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. UPI: Bandung.
8. Yusuf, Syamsu. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
9. -------. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Risqi Press.
Details ...
Mata kuliah Teknik Penulisan dan Seminar Proposal Skripsi ini membekali mahasiswa dengan:
1. Pengetahuan tentang teknik penulisan skripsi mulai dari sistematika penulisan proposal dan skripsi, tata cara penulisan, isi proposal dan skripsi, serta penulisan artikel ilmiah;
2. Keterampilan menyusun proposal dan laporan penelitian dalam bentuk skripsi;
3. Mengkomunikasikan proposal skripsi yang telah disusun dalam seminar kelas.
CPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S) S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Pengetahuan
(P)
P17 Menguasai falsafah, kaidah, desain, metode, prosedur penelitian dan penggunaan hasil-hasil penelitian untuk keperluan penulisan penelitian skripsi.
P19 Menguasai kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam penyusunan laporan skripsi, karya ilmiah dan publikasinya untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pelayanan
bimbingan dan konseling.
Ketrampilan
Umum (KU)
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik
hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK19 Terampil mengidentifikasi fenomena permasalahan penelitian serta menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah (termasuk tentang plagiasi), melakukan kajian
pustaka dalam menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik secara tertulis dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang
memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
KK21 Terampil merancang metode, teknik, dan prosedur serta analisis data penelitian skripsi atau penyusunan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling.
KK28 Terampil menggunakan teknik-teknik yang komunikatif, efisien dan efektif dalam presentasi karya ilmiah di depan forum umum maupun forum khusus.
KK29 Terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah.
1. Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
2. POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
3. Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah - Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
4. Winkel & Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
5. Marsudi, Saring. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: IKAPI.
6. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
7. Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. UPI: Bandung.
8. Yusuf, Syamsu. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
9. -------. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Risqi Press.
Details ...
Mata kuliah Teknik Penulisan dan Seminar Proposal Skripsi ini membekali mahasiswa dengan:
1. Pengetahuan tentang teknik penulisan skripsi mulai dari sistematika penulisan proposal dan skripsi, tata cara penulisan, isi proposal dan skripsi, serta penulisan artikel ilmiah;
2. Keterampilan menyusun proposal dan laporan penelitian dalam bentuk skripsi;
3. Mengkomunikasikan proposal skripsi yang telah disusun dalam seminar kelas.
CPL Prodi yang dibebankan pada MK
Sikap (S) S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Pengetahuan
(P)
P17 Menguasai falsafah, kaidah, desain, metode, prosedur penelitian dan penggunaan hasil-hasil penelitian untuk keperluan penulisan penelitian skripsi.
P19 Menguasai kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam penyusunan laporan skripsi, karya ilmiah dan publikasinya untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pelayanan
bimbingan dan konseling.
Ketrampilan
Umum (KU)
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik
hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
Ketrampilan Khusus (KK)
KK19 Terampil mengidentifikasi fenomena permasalahan penelitian serta menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah (termasuk tentang plagiasi), melakukan kajian
pustaka dalam menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik secara tertulis dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang
memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
KK21 Terampil merancang metode, teknik, dan prosedur serta analisis data penelitian skripsi atau penyusunan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling.
KK28 Terampil menggunakan teknik-teknik yang komunikatif, efisien dan efektif dalam presentasi karya ilmiah di depan forum umum maupun forum khusus.
KK29 Terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah.
1. Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
2. POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
3. Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah - Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
4. Winkel & Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
5. Marsudi, Saring. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: IKAPI.
6. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
7. Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah. UPI: Bandung.
8. Yusuf, Syamsu. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
9. -------. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Risqi Press.
Details ...