Courser in English | EARLY CHILDHOOD TEACHING LEARNING STRATEGY |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mengkaji hakikat strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan pada Mata Kuliah ini Mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini.
ReferencesMasitoh. 2008. Strategi Pembelajaran di TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Pp 1-10.
Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.
Moeslichatoen.2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-KAnak. Jakarta: Rhineka Cipta.
dePorter, Bobby & Hernacky, Mike. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching. Jakarta: Pustaka Pelangi.
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji hakikat strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan pada Mata Kuliah ini Mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini.
ReferencesMasitoh. 2008. Strategi Pembelajaran di TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Pp 1-10.
Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.
Moeslichatoen.2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-KAnak. Jakarta: Rhineka Cipta.
dePorter, Bobby & Hernacky, Mike. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching. Jakarta: Pustaka Pelangi.
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji hakikat strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan pada Mata Kuliah ini Mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, meliputi konsep dasar strategi pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran, mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran, memahami pendekatan belajar aktif (active learning), mengkaji pendekatan keterampilan proses, pendeketan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, mengkaji gaya belajar anak usia dini. mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Serta praktek keterampilan dasar mengajar anak usia dini.
ReferencesMasitoh. 2008. Strategi Pembelajaran di TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Pp 1-10.
Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.
Moeslichatoen.2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-KAnak. Jakarta: Rhineka Cipta.
dePorter, Bobby & Hernacky, Mike. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching. Jakarta: Pustaka Pelangi.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Konsep strategi belajar mengajar; Hakikat, ciri-ciri dan komponen strategi belajar mengajar; Makna belajar dan faktor pendukung belajar; Strategi pembelajaran; Pendekatan pembelajaran; Model pembelajaran; Metode pembelajaran; Keberhasilan belajar; Media belajar; Sumber belajar; Variasi mengajar; Pengelolaan kelas; Merancang dasar-dasar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sederhana.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran PAUD.
Referencesa. Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
b. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani .
c. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
d. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
e. Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
e. Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo.
Details ...
Setelah mengikuti mata kuliah strategi belajar mengajar (SBM) , mahasiswa dapat menganaliasi pentingnya mempelajari strategi belajar mengajar , merangkum komponen-komponen pembelajaran , menganalisis straegi belajar mengajar untuk anak usia dini dan upaya merancang pembelajaran yang aktif dan kreatif untuk anak usia dini dengan memeperhatikan komponen pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan tentang definisi strategi belajar mengajar secara umum, termasuk SBM untuk anak usia dini, komponen pembelajaran, bermacam-macam metode mengajar termasuk metode mengajar di PAUD. model-model pembelajaran di PAUD, Profesi guru PAUD dan prinsip-prinsip pembejaran di PAUD
ReferencesSudiana Nana, 2005, Dasar-dasar proses belajar mengajar, sinar baru algensindo.
Dimyati, Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta
Danim Sunandar, 2010, Profesionalisasi dan Etika profesi guru, Alfabeta Bandung
Details ...
Setelah mengikuti mata kuliah strategi belajar mengajar (SBM) , mahasiswa dapat menganaliasi pentingnya mempelajari strategi belajar mengajar , merangkum komponen-komponen pembelajaran , menganalisis straegi belajar mengajar untuk anak usia dini dan upaya merancang pembelajaran yang aktif dan kreatif untuk anak usia dini dengan memeperhatikan komponen pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan tentang definisi strategi belajar mengajar secara umum, termasuk SBM untuk anak usia dini, komponen pembelajaran, bermacam-macam metode mengajar termasuk metode mengajar di PAUD. model-model pembelajaran di PAUD, Profesi guru PAUD dan prinsip-prinsip pembejaran di PAUD
ReferencesSudiana Nana, 2005, Dasar-dasar proses belajar mengajar, sinar baru algensindo.
Dimyati, Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta
Danim Sunandar, 2010, Profesionalisasi dan Etika profesi guru, Alfabeta Bandung
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Strategi Belajar Mengajar; Hakikat, Ciri, dan Kompenen Strategi Belajar Mengajar; Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar; Pendekatan, Strategi, Model, Metode Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran; Model Pembelajaran; Metode pembelajaran; Keberhasilan Belajar; Media belajar; Sumber belajar; Variasi mengajar; Pengelolaan kelas; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Praktek Penyusunan RPP.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan Strategi Belajar Mengajar ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References1.Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
2.Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
3.Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia
4.Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
5.Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Strategi Belajar Mengajar; Hakikat, Ciri, dan Kompenen Strategi Belajar Mengajar; Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar; Pendekatan, Strategi, Model, Metode Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran; Model Pembelajaran; Metode pembelajaran; Keberhasilan Belajar; Media belajar; Sumber belajar; Variasi mengajar; Pengelolaan kelas; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Praktek Penyusunan RPP.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan Strategi Belajar Mengajar ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References1.Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
2.Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
3.Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia
4.Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
5.Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran yang ada di lembaga PAUD.
ReferencesDjamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran yang ada di lembaga PAUD.
ReferencesDjamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...